Konsumsi Makanan Ini Setelah Sakit

13 September 2014 Artikel Kesehatan


Ketika sakit, banyak orang yang enggan makan karena makanan terasa tak enak di lidah. Ketika sudah sembuh, nafsu makan kembali lagi. Seringkali orang masih merasa lemah dan tak bertenaga setelah sembuh dari sakit. Karena itu, mengonsumsi makanan yang sehat setelah sembuh dari sakit sangat penting. Makanan yang sehat akan membantu mengembalikan nutrisi yang hilang dan membuat Anda kembali pulih lebih cepat.

Berikut daftar makanan yang baik untuk Anda konsumsi setelah sakit.

Karbohidrat
Konsumsi karbohidrat yang cukup juga baik untuk kembali meningkatkan energi pasca sakit. Rata-rata orang dewasa memiliki kebutuhan karbohidrat sekitar 24 sampai 38 gram serat, untuk itu sebaiknya konsumsilah karbohidrat yang bersumber dari makanan yang mengandung serat tinggi seperti buah, sayuran dan gandum utuh.

Protein
Mengonsumsi protein baik dalam masa penyembuhan. Namun lebih fokuslah pada sumber protein seperti kacang-kacangan, ikan, daging sapi yang diberi makan rumput.

Buah dan sayur
Setelah sembuh dari sakit pastikan untuk mengonsumsi lebih banyak sayur dan buah-buahan segar. Sayur dan buah mengandung antioksidan penting yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh Anda untuk kembali ke fungsi normalnya. Pilih buah dan sayuran yang mengandung banyak antioksidan seperti kismis, blueberry, kubis mini, bayam, dan kale.

Probiotik
Peneliti dari University of Michigan Health System melaporkan bahwa makanan probiotik bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga sistem pencernaan bekerja dengan baik. Banyak jenis yogurt dan keju yang mengandung probiotik natural, begitu juga buah-buahan seperti apel, kacang-kacangan, dan berry.

Air
Menjaga tingkat cairan tubuh penting setelah sembuh dari sakit. Selain itu, air juga membantu mengeluarkan racun yang ada dalam sistem tubuh Anda. Untuk memenuhi cairan tubuh, selain minum air Anda juga bisa mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air seperti semangka atau melon.

Semoga bermanfaat!

Oleh: Ariyanti S
(Dikutip dari berbagai sumber)