Konsumsi Es Krim, Baik untuk Kesehatan Tulang dan Kekebalan Tubuh

28 Maret 2018 Artikel Kesehatan


Dingin, manis, dan enak, begitulah kata-kata yang bisa menggambarkan es krim. Makanan yang satu ini memang banyak disukai tidak hanya anak-anak tetapi juga orang dewasa. Beragam rasa dan aneka kreasi es krim saat ini, menggugah selera siapa saja. Es krim termasuk dalam kelompok hidangan beku yang memiliki tekstur semi padat dan memiliki nilai gizi tinggi.

Bagi orang yang sedang menjalankan diet terkadang menolak jika ditawari untuk makan es krim. Siapa bilang es krim bisa bikin gemuk? Sebenarnya, itu adalah mitos. Bagi Anda para wanita sebaiknya tak perlu takut untuk memakan es krim yang nikmat itu. Ketahuilah bahwa kandungan yang ada pada es krim itu dibutuhkan oleh tubuh, seperti protein dan lemak sehat. Salah satu makanan yang nikmat ini memang disukai banyak orang.

Walaupun sepuluh persen kandungan es krim memang lemak.Tapi, bukan berarti semua lemak itu jahat yang bisa membahayakan kesehatan. Lemak yang terkandung di dalamnya itu merupakan lemak baik yang tidak menyebabkan seseorang menjadi gemuk atau obesitas. Jadi, tak perlu takut berat badan menjadi naik hanya karena es krim.

Berikut beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda dapat jika makan es krim:
1. Tidak bikin gemuk
Tingginya nutrisi yang ada pada es krim tidak akan membuat berat badan Anda menjadi naik. Kandungan energinya malah membantu kebutuhan energi keseharian dan hanya menyumbangkan 15% lemak saja.

2. Baik untuk kesehatan tulang
Kita mengetahui bahwa es krim terbuat dari susu. Hal tersebut menjadikan es krim kaya akan kalsium. Kandungan kalsium di dalam es krim bisa membantu menjaga kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis. Selain itu, sisa 1% dari kalsium dalam tubuh juga diperlukan untuk mendukung fungsi-fungsi tubuh yang penting, seperti sekresi hormonal, transmisi saraf, dan lain sebagainya.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh
Saat sedang pilek atau batuk, es krim kerap kali dilarang untuk dimakan. Padahal, es krim tak menyebabkan pilek atau flu. Malah, es krim mampu meningkatkan kekebalan tubuh seseorang dan membantu proses penyembuhan flu. Ketahuilah bahwa es krim akan meleleh lebih cepat saat bertemu dengan suhu tubuh.

4. Melawan aneka virus
Di dalam es krim ada kandungan laktoferin yang berfungsi sebagai zat antiviral untuk melawan aneka virus, seperti cytomegalovirus, influenza, dan HIV. Itulah manfaat yang bisa Anda dapat dari makan es krim. Es krim mengandung banyak vitamin, seperti B12, A, D, dan protein. Sejumlah es krim bahkan disertai dengan kandungan tinggi antioksidan yang baik untuk tubuh.

Walaupun ada manfaat dari memakan es krim, namun Anda harus mengonsumsinya dalam porsi yang tepat dan tetap memenuhi kebutuhan nutrisi dari makanan sehat. Dengan begitu, tubuh akan tetap sehat walau Anda gemar makan es krim.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)