Konsumsi Bawang Putih Bisa Turunkan Berat Badan?

20 Januari 2019 Artikel Kesehatan


Jika pada umumnya bawang putih menjadi bahan penyedap makanan yang sering kita temui di dapur, ternyata bawang putih memiliki manfaat lain lho! Mulai dari dipercaya sebagai pencegah penyakit jantung, kanker, hingga melawan infeksi.Namun dibalik semua manfaat tersebut, ternyata bawang putih memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Kok bisa?

Seperti dilansir dari laman steptohealth.com,bawang putih memiliki kandungan yang dapat mempercepat proses metabolisme tubuh. Karenanya, mengonsumsi bawang putih dapat membantu Anda menurunkan berat badan serta menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh.

Beberapa penelitian bahkan mengungkapkan bahwa bawang putih dapat berperan sebagai anti biotik alami saat dikonsumsi dalam keadaan perut kosong. Nah pada saat itu juga, bawang putih dapat mampu membasmi bakteri di dalam tubuh.

Kandungan alisin pada bawang putih dipercaya memiliki kandungan anti bakteri yang juga memiliki kandungan anti radang yang dapat membakar tumpukan lemak. Selain itu, bawang putih memiliki sifat termogenik yang dapat meningkatkan proses pembakaran kalori dalam kegiatan sehari-hari dan mengurangi produksi lemak di tubuh.

Meski konsumsi bawang putih takkan menurunkan berat badan secara drastis, namun, jika dikombinasikan dengan program diet yang Anda jalankan pastinya akan sangat membantu program Anda. Akan tetapi, jika Anda mempunyai masalah kesehatan, ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu jika ingin menggunakan diet bawang putih ini.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)