Konsumsi 8 Jenis Buah Sehatkan Jantung

27 Januari 2011 Artikel Kesehatan


Bila anda suka buah dan mengonsumsi lebih dari 1 jenis buah atau sayur setiap harinya, jangan hentikan prestasi itu. Karena, kini para ahli malah menyarankan agar kita mampu memakan 8 jenis buah atau lebih setiap harinya.

Sebenarnya makan sayur dan buah dalam kuantitas berapa pun setiap harinya sudah sangat bagus. Tapi, setelah para peneliti mengadakan analisis terhadap 300 ribu warga Eropa, mereka berkesimpulan tubuh kita memang membutuhkan lebih banyak buah. Maka itu, mereka pun menyarankankan agar kita memakan setidaknya 8 buah setiap hari. Jumlah itu sangat efektif menekan risiko serangan jantung.

Dalam studi itu disebutkan bahwa semakin bayak buah yang dimakan setiap harinya, risiko pun semakin berkurang hingga 22 persen. Dikatakan, setiap buah dan sayur yang dimakan per harinya berkontribusi mengurangi kemungkinan terkena penyakit kardiovaskular sebanyak 4 persen. Hal ini signifikan mengingat penyakit jantung adalah penyebab kematian manusia nomor wahid di dunia.

Namun, diakui, bagi banyak orang tak mudah untuk makan 8 buah-buahan setiap hari, tapi itu bisa diupayakan dengan meyelipkan beberapa jenis buah dan sayur dalam masakan Anda atau konsumsilah salad tanpa mayones, rujak uleg atau di Jawa dikenal dengan rujak dan lotis. Dengan begitu, Anda tak akan mengalami kesulitan memenuhi kebutuhan buah Anda.

Sumber: mediaindonesia.com