Kondisi Tubuh Bisa Dideteksi Lewat Jerawat Lho...

28 Maret 2013 Artikel Kesehatan


Biasanya ketika kita berjerawat pasti disebabkan oleh beberapa faktor seperti makanan, kebersihan diri, dan hormon. Dengan adanya jerawat, seringkali hal ini menjadi momok bagi kepribadian kita sendiri seperti kurang percaya diri terhadap lingkungan sekitar.

Namun timbulnya jerawat juga dapat mendeteksi kondisi tubuh. Penampilan dan lokasi munculnya jerawat sering menggambarkan penyebabnya. Dengan mengetahui penyebabnya, maka pengobatannya juga dapat dilakukan dengan tepat.

Namun secara garis besar, tindakan untuk mengatasi jerawat bisa dengan membersihkan badan secara rutin, minum banyak air dan pola makan sehat.

Bagaimana jerawat bisa mengetahui kondisi tubuh kita? Berikut beberapa letak jerawat yang mengambarkan kondisi tubuh kita.

1. Dagu
Ketika jerawat muncul di bagian dagu, artinya ada gangguan pencernaan atau sembelit. Anda dapat mengatasi hal tersebut dengan minum banyak air, berolahraga secara teratur dan mengkonsumsi suplemen kaya serat.

2. Jerawat di sekitar rahang, dada, punggung dan bahu
Jerawat pada bagian ini kemungkinan besar dipicu oleh hormon. Butuh waktu yang relatif lama untuk mengatasi ketidakseimbangan hormon, biasanya mulai dari 4 - 6 minggu. Makanan yang mengandung seng dan vitamin B6 dapat membantu untuk menyeimbangkan hormon.

3. Jerawat di pipi
Munculnya jerawat di pipi menandakan adanya ketidaksesuaian makanan seperti susu. Untuk memastikannya, hindari susu, keju, yoghurt, krim, mentega, coklat dan makanan olahan yang mengandung protein susu selama sebulan untuk melihat apakah ada perbaikan.
Untuk mengganti nutrisi yang dipasok dari susu, pastikan tubuh cukup mengkonsumsi protein dan kalsium dari sumber lain seperti kacang-kacangan dan biji-bijian, tahu, sayuran berdaun hijau dan ikan seperti sarden dan salmon.

4. Kumpulan jerawat dikelilingi warna kemerahan
Jika muncul jerawat yang seperti ini, dapat menandakan adanya infeksi lokal tepat di bawah kulit. Untuk mengatasinya, kurangi asupan gula. Untuk meredam keinginan memakan makanan manis, minumlah suplemen untuk meningkatkan metabolisme gula.

(Dikutip dari berbagai sumber)