Kombinasi Latihan Fisik dan Akademik Cerdaskan Anak

4 Mei 2011 Artikel Kesehatan


Para pakar perkembangan anak menemukan cara baru untuk meningkatkan kemampuan anak sekaligus membuat tubuh lebih bugar. Mereka menciptakan program latihan fisik yang dikombinasikan dengan pelajaran-pelajaran.

Penelitian yang dipresentasikan dalam pertemuan Pediatric Academic Societies di Denver, Amerika Serikat, menyebutkan, anak-anak yang ikut program olahraga selama 40 menit sehari, lima kali dalam seminggu, memiliki nilai ujian yang lebih tinggi.

Program olahraga yang didesain khusus itu misalnya anak melompati undakan sambil menyebutkan warna atau bentuk kata-kata pada tiap undakan. Sementara itu, pada anak yang lebih besar diminta memanjat dinding yang di bagian dindingnya terdapat soal-soal Matematika. Program ini dilakukan selama 40 menit setiap minggunya.

Pada akhir masa studi ternyata anak-anak yang mengikuti program kombinasi fisik dan akademik ini memiliki skor nilai ujian lebih tinggi.

Dari data ini kita bisa melihat program pendidikan fisik yang didesain secara khusus bisa meningkatkan nilai akademik," kata Dr Kathryn King, peneliti.

Sumber: kompas.com