Kiat Mudah Cegah Kanker Sejak Dini

26 Januari 2011 Artikel Kesehatan


Hampir sepertiga kasus kanker sebenarnya bisa dicegah dengan pola makan yang lebih sehat. Maka itu, para ilmuwan dari Yayasan Penelitian Kanker Dunia merekomendasikan 5 langkah berikut sebagai tindakan pencegahan kanker sedari dini.

1. Upayakan berat badan ideal
Sampai kapan pun jangan menyerah dalam upaya mencapai berat badan ideal Anda. Upaya sederhana ini bisa mengurangi risiko Anda secara signifikan dari kanker serta menghindarkan Anda dari diabetes dan penyakit jantung.

2. Olahraga teratur
Menggerakkan tubuh setidaknya selama 30 menit per harinya bisa membantu Anda terhindar dari kanker serta menyehatkan janjtung dan mengurangi lemak di pinggang. Lakukan saja gerakan sedrhana seperti berjalan kaki.

3. Makan sehat
Menghindari makanan berlemak, garam, dan kalori, serta minuman bergula juga bisa mengurangi risiko kanker. Kurangi pula asupan daging terutama olahan. Makanan kaya serat seperti buah dan sayur adalah pilihan paling sesuai agar tubuh tak mudah diserang penyakit.

4. Tak perlu suplemen pencegah kanker
Tak ada bukti bila mengonsumsi suplemen pencegah kanker efektif dalam mengurangi risiko terkena penyakit itu. Bahkan, beberapa suplemen terbukti memiliki efek samping berbahaya.

5. Menyusui setidaknya selama 6 bulan
Setelah melahirkan, ibu semestinya memberikan ASI secara eksklusif selama 6 bulan, baru kemudian memperkenalkan jenis cairan lain kepada bayi. Bukti ilmiah menunjukkan menyusui bisa mengurangi risiko kanker di kemudian hari dan mencegah obesitas pada bayi.

Sumber: mediaindonesia.com