Khasiat Tersembunyi Daun Pandan bagi Kesehatan

31 Juli 2014 Artikel Kesehatan


Daun pandan (Pandanus Amaryllifolius Roxb) adalah tumbuhan yang biasa dipakai untuk bahan pewangi alami pada makanan, dan tanaman ini termasuk kedalam famili Pandanaceae, tanaman ini sangat khas dengan harumnya yang alami dan enak untuk dicium, dan memberikan efek tenang karena pada daun pandan terdapat suatu zat yang disebut dengan zat tanin. Daun Pandan merupakan daun yang sudah terkenal dari zaman dahulu, daun tersebut merupakan daun yang di gunakan oleh ibu rumah tangga untuk memasak sebagai penyedap makanan. Tapi di balik semua itu, ternyata daun pandan juga sangat baik atau sangat banyak manfaatnya di bidang kesehatan.

Pandan wangi memiliki batang bulat dengan bekas duduk daun, bercabang, menjalar, akar tunjang keluar di sekitar pangkal batang dan bercabang. Daun tunggal, duduk dengan pangkal memeluk batang, tersusun berbaris tiga dalam dalam garis spiral. Helai daun pandan wangi berbentuk pita, meruncing, tipis,licin, tepi rata, bertulang sejajar, panjang 40 cm hingga 80 cm, lebar daun 3-5 cm.

Daun pandan mengandung alkoloid, saponin, flovida, tanin, polifenol, dan zat warna yang di gunakan untuk mewarnai warna alami makanan. Namun daun pandan tidah hanya bermanfaat untuk makanan saja tetapi bisa dijadikan sebagai obat alternatif untuk mengobati berbagai penyakit.

Berikut beberapa khasiat dari daun pandan:

1. Merangsang Nafsu Makan

Caranya: Ambil dua lembar daun pandan dan selanjutnya rebus dengan air bersih sebanyak 2 gelas. Tunggu sampai air tersebut susut hingga 1 gelas saja. Angkat dan dinginkan. Minum ramuan tersebut dua kali dalam sehari, pagi dan sore. Jika tidak suka, Anda bisa menambahkan madu agar lebih nikmat.

2. Membuat Rambut Lebih Hitam
Caranya: Ambillah daun pandan kurang lebih 8 lembar dan kemudian potong dalam ukuran kecil. Selanjutnya rebus bersama 1 liter air dan tunggu sampai warna air berubah menjadi kehijauan. Angkat air tersebut dan embunkan semalaman. Saat pagi menjelang, basuhlah rambut Anda dengan air pandan tersebut. Lakukan minimal 3 kali dalam seminggu. Dan jauh lebih baik jika Anda mencampurnya dengan perasan buah mengkudu sebelum digunakan di kepala.

3. Menghilangkan Ketombe
Manfaat daun pandan wangi lainnya adalah untuk mengusir ketombe pengganggu di kepala. Caranya sederhana, ambil daun pandan dan kemudian timbuk hingga halus. Selanjutnya, peraslah ari pandan tersebut. Kemudian airnya dioleskan secara merata pada kulit kepala Anda atau pada bagian-bagian yang berketombe. Biarkan selama 30 menit dan bilas bersih. Lakukan langkah ini hingga ketombe Anda benar-benar hilang.

4. Mengusir Rematik
Manfaat daun pandan wangi lainnya adalah sebagai pengusir rematik. Caraya dengan menyeduh daun pandan sebanyak 3 lembar dengan ½ cangkir minyak dari kelapa. Setelah merata dan dingin, gunakan minyak tersebut pada bagian tubuh Anda yang terasa pegal dan juga terkena rematik. Gosok atau urut perlahan dan biarkan selama beberapa waktu.

5. Mengatasai Lemah Syahwat
Salah satu manfaat daun pandan wangi yang belum diketahui orang adalah keampuhannya mengatasi keluhan lemah syahwat pada pria. Caranya cukup mudah, ambilah daun pandan sebanyak 3 lembar kemudian bersihkan. Setelah itu potong dalam ukuran kecil dan selanjutnya rebus dengan air sebanyak 3 gelas. Rebus hingga tersisa 2 gelas saja. Setelah itu angkat dan saring. Minum ramuan ini di pagi dan juga sore hari. Sebaiknya setelah Anda makan.

Dan masih banyak lagi khasiat lainnya yang dapat diberikan oleh daun pandan. Semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)