Khasiat Temu Ireng yang Perlu Diketahui

20 Agustus 2014 Artikel Kesehatan


Temu ireng atau temu hitam ini memiliki nama ilmiah Curcuma Aeruginosa yang merupakan jenis tanaman semak belukar yang dapat berumur tahunan, umbinya merupakan umbi batang atau rimpang yang berukuran besar serta bercabang merata, warna kulit luar dari umbinya adalah warna kuning yang mengkilap dengan ujung merah muda. Biasanya temu ireng dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 50 cm dengan batang berwarna hijau. Temu ireng biasanya tumbuh liar yang tersebar dari Myanmar, Kamboja, Indocina dan hingga ke pulau jawa.

Selain dapat ditemukan tumbuh liar di hutan jati dan padang rumput, temu ireng juga biasanya di ditanam di perkebunan dan dapat tumbuh dengan subur pada daerah dengan ketinggian 400-750 mdpl. Temu ireng juga memiliki nama yang berbeda-beda di setiap daerah seperti temu erang (sumatera), temu itam (melayu), koneng hideung (sunda), temu ireng (jawa), temo ereng (Madura), tamu leteng (makasar), temu lotong (bugis) dan masih banyak sebutan lainnya dari tumbuhan ini.

Temu ireng dipercaya dijadikan sebagai tanaman herbal karena memiliki kandungan kimia seperti minyat atsiri, tanin, curcumol, curcumenol, isocurcumenol, kurzerenon, kurdion, kurkumalakton, germakron, linderazulene, kurkumin, demethyoxykurkumin, dan bisdemethyoxykurkumin. Temu ireng memiliki rasa yang pahit, tajam dan bersifat dingin.

Berikut beberapa khasiat dari temu ireng untuk kesehatan tubuh:

1. Menetralkan racun didalam tubuh
25 gram temu hitam, 30 gram takokak direbus dengan 600 cc air sampai tersisa 200 cc lantas disaring serta diminum pada saat hangat.

2. Bersihkan darah sesudah melahirkan
25 gram temu direbus dengan air secukupnya sampai tersisa 200 cc lantas disaring serta diminum pada saat hangat. batuk 25 gram temu hitam, 5 gr jinten, 25 gram kencur, 5 gram pulosari, 5 gram adas, serta airnya diminum.

3. Cacingan
25 gram temu hitam, 15 gram bangle, 5 lembar daun sirih, 5 butir biji ketumbar, 4 gram biji pinang lantas direbus dengan 600 cc air sampai tersisa 200 cc, lantas disaring serta diminum.
kerjakanlah dengan teratur cocok saran 2 kali 1 hari. tengah untuk penyakit yang berat dianjurkan terus berkonsultasi ke dokter.

4. Menyuburkan kandungan
25 gram temu hitam, 25 gram temu giring, 20 gram kencur direbus dengan 600 cc air sampai tersisa 200 cc lantas disaring serta diminum.

5. Nyeri haid
25 gram temu hitam, 20 gram kencur, 20 gram kunyit, 2 ruas asam jawa direbus dengan 600 cc air sampai tersisa 200 cc, lantas disaring serta diminum pada saat hangat.

Itulah beberapa khasiat dari tanaman temu hitam yang mungkin bisa Anda ambil manfaatnya untuk membantu meningkatkan kesehatan Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)