Khasiat Tapak Dara untuk Kesehatan

2 Agustus 2018 Artikel Kesehatan


Bunga tapak dara adalah salah satu bunga yang sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Bunga mungil ini memang sangat mudah ditanam dan bisa ditemukan di berbagai tempat dengan iklim yang berbeda-beda. Tapak Dara dengan nama ilmiah Catharantus roseus sangat bermanfaat untuk kesehatan. Baik daun dan bunganya bisa dijadikan obat untuk beberapa penyakit. Bunga tapak dara terdiri dari dua macam warna, putih dan merah muda.

Tumbuhan semak tegak yang dapat mencapai ketinggian batang sampai 1 meter. Ciri-ciri tumbuhan Tapak dara: memiliki batang yang berbentuk bulat dengan diameter berukuran kecil, berkayu, beruas dan bercabang serta berambut. Daunnya berbentuk bulat telur, berwarna hijau dan diklasifikasikan berdaun tunggal. Bunganya yang indah menyerupai terompet dengan permukaan berbulu halus. Setiap kuntum bunga memiliki 5 kelopak.

Tapak dara juga memiliki rumah biji yang berbentuk silindris menggantung pada batang. Penyebaran tumbuhan ini melalui biji. Tapak dara yang masih keluarga kamboja ini diduga berasal dari Amerika Tengah dan India. Tanaman ini merupakan tumbuhan perdu tahunan, berasal dari Madagaskar. Kandungan bahan kimianya antara lain, Vincristine, Vinblastine,Reserpine, Ajmalicine dan serpentine.

Berikut beberapa manfaat tapak dara untuk kesehatan:
1. Asma dan Bronkitis.

Caranya, rebus 1 potong bonggol akar tapak dara dengan 5 gelas air, di minum selagi masih hangat 2x sehari.

2. Leukimia.
Caranya, rebus 20-25 gram daun tapak dara kering, adas pulawaras dengan 1 liter air lalu di saring, minumlah 2x sehari pagi dan sore.

3. Demam.
Caranya, rebus 1 genggam (12-20 gram) daun tapak dara, 3 potong batang dan akar tapak dara dengan 4 gelas air sampai mendidih, masak hingga tersisa 1,5 gelas. Tambahkan gula kelapa, minum tiap pagi dan sore.

4. Kurang darah.
Caranya, rendam 4 putik bunga tapak dara putih dengan 1 gelas air, biarkan semalam. Taruh di luar rumah semalam. Minum di pagi hari secara teratur hingga keadaan pulih.

5. Luka baru.
Caranya, kunyah sampai lembut 2-5 lemba rdaun tapak dara. Kemudian tempelkan pada luka.

Itulah beberapa manfaat dari tanaman tapak dara untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)