Khasiat Singkong untuk Kesehatan Tubuh

14 Agustus 2014 Artikel Kesehatan


Singkong merupakan tanaman umbi-umbian yang memiliki beberapa nama seperti ketela pohon atau umbi kayu. Ketela pohon, ubi kayu, atau singkong memiliki nama latin Manihot utilissima dari suku Euphorbiaceae. Singkong dikenal sebagai alternatif makanan pokok sumber karbohidrat selain beras. Daun singkong biasa dijadikan sayuran atau lalapan. Selain sebagai sumber karbohidrat yang baik, singkong juga mengandung serat yang tinggi.

Singkong memberikan banyak khasiat yang sangat baik untuk tubuh kita. Dilihat dari kandungan-kandungan zat yang bermanfaat seperti kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, zat besi dan juga berbagai vitamin yang memberikan khasiat singkong yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Singkong juga dapat bertindak sebagai anti oksidan, anti kanker dan anti tumor.

Berikut beberapa khasiat singkong yang sangat baik untuk kesehatan tubuh:

1. Mengurangi Anemia

Khasiat singkong dapat mengurangi anemia, ini dilihat dari singkong merupakan sumber vitamin B kompleks dan kelompok vitamin seperti folat, thiamin, piridoksin, riboflavin dan asam pantotenat. Riboflavin sangat berperan untuk pertumbuhan tubuh dan memperoduksi sel darah merah sehingga dapat mengurangi anemia.

2. Mengatur Tekanan Darah
Khasiat singkong sangat baik untuk mengatur tekanan darah, ini karena singkong memiliki jumlah kalsium yang cukup tinggi dan bertindak sebagai komponen penting pembentukan sel tubuh dan juga dapat mengatur tekanan darah.

3. Mengobati penyakit Alzheimer
Khasiat singkong dapat membantu dalam pengobatan pasien yang terkena Alzheimer, ini karena kandungan vitamin K dalam singkong sangat penting untuk membatasi kerusakan saraf otak, sehingga dapat membantu pengobatan Alzheimer.

4. Membantu Proses Pencernaan
Khasiat singkong sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan, ini karena singkong banyak mengandung insoluble fiber atau serat yang tidak larut dalam air. Serat ini berfungsi untuk melancarkan proses buang air besar dan juga mampu menyerap dan membuang toksin dalam usus, sehingga pencernaan kita menjadi sehat.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan
Khasiat singkong sangat baik untuk untuk diet randah kalori, ini karena singkong merupakan bahan makanan dengan kandungan karbohidrat yang lebih rendah dibandingkan nasi dan roti, singkong juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga akan membuat perut terasa kenyang lebih lama.

6. Menurunkan Resiko Osteoporosis
Khasiat singkong dapat menurunkan resiko terserang osteoporosis, ini karena singkong memiliki kandungan vitamin K yang sangat berperan dalam membangun massa tulang, sehingga apabila kita mengkonsumsi singkong, kita terjauh dari serangan osteoporosis.

Selain itu, singkong juga sangat baik untuk mengatasi rematik, meredakan sakit kepala, mengobati cacingan dan meningkatkan stamina. Itulah beberapa khasiat singkong yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)