Khasiat Sehat dari Lada Hitam untuk Tubuh

23 Januari 2019 Artikel Kesehatan


Lada hitam atau dalam bahasa latin disebut Piper nigrum ini dikenal sebagai salah satu rempah yang biasa dipakai dalam masakan agar masakan memiliki citarasa pedas tersendiri. Rasa lada hitam yang cenderung pedas dihasilkan dari kandungan alkaloid piperine, chavisine dan piperettine didalamnya. Sementara minyak esensial yang terkandung dalam lada akan menghasilkan aroma yang khas pada lada. Namun rasa pedas juga dipegaruhi oleh varietas dan lingkungan sekitar dimana lada ditanam. Indonesia adalah salah satu produsen lada hitam.

Berikut beberapa khasiat yang terkandung dalam lada hitam.
1. Mengurangi Berat Badan

Bagi kebanyakan orang, obesitas adalah msalah yang menakutkan. Namun bagi Anda yang suka pedas dengan sering mengkonsumsi lada hitam akan membantu Anda memecah lemak tubuh dan mengeluarkan lemak tersebut melalui pori-pori kulit bersamaan dengan keluarnya keringat.

2. Meredakan Batuk dan pilek
Lada Hitam yang memiliki rasa pedas dan panas tentu memiliki fungsi mencairkan hidung tersumbat dan mencairkan dahak sehingga membuat Anda lebih mudah mengeluarkan dahak sehingga mempercepat penyembuhannya.

3. Mencegah Kanker
Menurut penelitian University of machigan, lada hitam mampu mencegah tumor kanker payudara. Dalam lada hitam terkandung piperine yang berfungsi mencegar tumor kangker payudara. Tidak hanya itu, vitamin A, Vitamin C, Karoten dan flavonoid yang terkandung pada lada hitam juga dapat membantu menghilangkan radikal bebas yang sangat berbahaya.

4. Mencegah Masalah Ketombe
Siapa yang sangka ternyata lada juga dapat membantu menyelesaikan maslah ketombe. Lada hitam yang memiliki antibakteri dan anti-inflamasi membantu mencegah tejadinya ketombe. Caranya sangatmudah, haluskan lada dengan cara ditumbuk sambai lembut, kemudian oleskan pada kepala Anda, diamkan selama sekitar 30 menit dan kemudian bilas sampai bersih.

5. Menyembuhkan demam dan flu
Lada hitam dapat melegakan hidung dan tenggorokan, serta tubuh bisa menjadi lebih rileks. Caranya adalah dengan menambahkan lada hitam pada semangkuk sup.

Itulah manfaat sehat yang didapat dari lada hitam. Jadi, tidak heran jika rempah-rempah yang satu ini terus diburu dari dahulu sampai sekarang.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)