Khasiat Minyak Zaitun yang Harus Diketahui

20 November 2017 Artikel Kesehatan


Minyak zaitun atau dikenal juga dengan nama olive oli merupakan minyak yang berasal dari ekstrak buah zaitun. Buah zaitun sendiri berasal dari pohon zaitun, yang memiliki nama latin olea europaea. Tumbuhan ini masuk ke dalam famili Oleaceae. Dalam minyak zaitun terkandung zat yang bermanfaat sekali bagi kesehatan diantaranya terkandung vitamin A, B1, B2, C, D, E, K, kalsium, zat besi, sodium dan potasium. Minyak zaitun sendiri diperoleh dengan cara mengekstraksi buah zaitun yang sudah tua sampai mengeluarkan minyak sarinya.

Minyak zaitun adalah minyak nabati dengan kandungan minyak tak jenuh yang sangat tinggi, terutama kandungan asam oleik dan polifenolnya. Minyak yang dijuluki sebagai cairan emas ini sudah sejak lama dipercaya dapat bermanfaat sebagai obat luar untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan pada kulit dan rambut. Selain minyaknya, buah zaitun juga kerap dikonsumsi karena kandungan berbagai vitamin serta mineralnya yang cukup tinggi.


Berikut beberapa manfaat minyak zaitun:
1. Sebagai Body Lotion

Minyak zaitun bermanfaat untuk tubuh Anda karena dapat digunakan sebagai minyak pijat serta dapat juga digunakan sebagai campuran body lotion atau sabun mandi untuk menjaga kelembaban dan kelembutan kulit Anda. Minyak ini bisa juga digunakan sebagai scrubbing dengan cara mencampurkan dengan gula pasir.

2. Melembutkan Rambut
Rambut yang kusut dapat diatasi oleh minyak zaitun dengan cara mengusapkan langsung minyak zaitun pada bagian rambut yang kering dan kusut mengunakan tangan. Jika digunakan secara teratur, minyak zaitun akan mampu memberikan nutrisi tambahan bagi rambut sehingga rambut akan menjadi lebih lembut dan sehat.

3. Mengatasi Ketombe
Bagi Anda yang memiliki masalah dengan rambut berketombe, cobalah untuk mencampurkan minyak zaitun dengan shampoo Anda. Hal ini akan lebih efektif untuk menghilangkan ketombe dibandingkan jika Anda hanya memakai shampoo anti ketombe saja.

4. Menghilangkan Nyeri
Rasa nyeri pun dapat ditekan dengan menggunakan minyak ini. Kandungan senyawa oleokantal dalam minyak zaitun dapat mencegah radang seperti asam mefenamat dan obat penghilang radang lainnya. Minyak zaitun ini mampu menghambat pembentukan prostaglandin yang merupakan salah satu mediator (penyebab) nyeri. Caranya cukup mudah, yaitu cukup langsung dioleskan pada bagian tubuh yang nyeri.

5. Mencegah Diabetes
Manfaat lain dari minyak zaitun adalah dalam bidang kesehatan, minyak ini memiliki kandungan asam lemak tak jenuh tunggal sehingga mampu mengatur kolesterol dalam tubuh Anda. Minyak ini juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit diabetes mellitus.

6. Mencegah Kanker
Terdapat kandungan Antioksidan yang tinggi pada minyak zaitun yang dipercaya bisa mencegah penyakit kanker dan mengurangi resiko penyakit jantung. Antioksidan yang terkandung dalam minyak zaitun, terutama senyawa Hidroksitirosol, memiliki manfaat untuk menyeimbangkan kadar gula tubuh serta mencegah pertumbuhan sel-sel abnormal penyebab kanker.

7. Mencegah Penuaan Kulit
Minyak zaitun dapat digunakan oleh para wanita yang merasa sudah mengalami tanda-tanda penuaan kulit seperti timbulnya kerutan pada wajah. Caranya, cukup campurkan minyak zaitun dengan air perasan lemon. Oleskan campuran ini secara merata pada wajah Anda lalu pijat secara perlahan, lakukan sebelum tidur dan didiamkan 20-30 menit, lalu kemudian bilas wajah dengan air atau sabun khusus muka. Penggunaan minyak zaitun seperti ini akan membuat kulit Anda menjadi lebih kencang dan terhindar dari kerutan.

8. Kesehatan jantung
Minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak yang paling sehat karena mengandung lemak tak jenuh. Minyak ini mampu mengontrol kolesterol jahat di dalam tubuh serta meningkatkan kolesterol baik. Sehingga bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Minyak zaitun dikenal sebagai minyak ajaib yang dapat meningkatkan kesehatan Anda mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki. Tidak ada salahnya apabila Anda selalu menyediakan minyak zaitun di rumah sebagai perawatan rumahan Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)