Khasiat Lempuyang untuk Kesehatan

16 Mei 2014 Artikel Kesehatan


Lempuyang termasuk kedalam tumbuhan Zingiberaceae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah lempuyang kapur, lempuyang paek dan lempuyang kebo. Tumbuhan ini sering tumbuh di daerah pedesaan, tetapi kita tidak tahu akan kandungan dan manfaat yang terdapat didalamnya. Tumbuhan ini kaya akan kandungan Minyak atsiri berupa limonen dan zerumbon (zat anti kejang).

Berikut beberapa khasiat dari tanaman lempuyang untuk kesehatan tubuh:
1. Menambah nafsu makan

Cuci bersih 10 g umbi lempuyang wangi, lalu parut. Tambahkan 200 ml air panas dan garam secukupnya. Saring dan minum airnya sekaligus satu kali sehari.

2. Encok
Cuci bersih 5 g umbi lempuyang wangi, 4 buah cabai rawit, dan 10 butir lada, lalu tumbuk sampai halus. Seduh dengan 150 ml air panas, saring, dan minum airnya sekaligus saat hangat.

3. Influenza
Cuci bersih 5 g umbi lempuyang wangi, 3 buah cabe jawa, dan 5 g jahe, lalu tumbuk sampai halus. Rebus hasil tumbukan dengan 600 ml air sampai tersisa 300 ml. Saring dan minum airnya sekaligus satu kali sehari saat hangat.

4. Kurang darah (anemia)
Cuci bersih 5 g umbi lempuyang wangi, 10 g kunyit, 30 g daun pepaya, 30 g meniran, 30 g daun bayam duri dan 10 g poko (menta). Rebus bahan tersebut dengan 800 ml air sampai tersisa 400 ml. Saring air rebusannya, lalu minum tiga kali sehari secara rutin.

5. Malaria
Cuci bersih 10 g umbi lempuyang wangi dan 4 kuntum putik mengkudu, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan 200 ml jus buah nanas dan garam secukupnya. Saring dan minum airnya sebanyak 100 ml dua kali seminggu.

6. Ambein (haimorrhoides)
Cuci bersih 9 g umbi lempuyang wangi, lalu parut dan campur dengan 20 g lidah buaya (aloe vera) yang talah dikupas kulitnya. Tambahkan 100 ml air matang hangat dan garam secukupnya. Aduk rata, peras, dan minum airnya 2 kali sehari.

7. Kaki bengkak sehabis melahirkan
Cuci bersih 10 g umbi lempuyang wangi dan 5 buah cabai rawit, lalu tumbuk sampai halus. Seduh dengan 1 gelas air panas, saring, lalu minum airnya sekaligus satu kali sehari.

Selamat mencobanya dirumah semoga bermanfaat dan jaga terus kesehatan Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)