Khasiat Kulit Rambutan bagi Kesehatan

24 Januari 2015 Artikel Kesehatan


Buah yang satu ini memiliki bentuk yang unik karena berbentuk oval dan memiliki beberapa rambut. Dengan bentuknya itulah sehingga buah ini dinamakan buah rambutan, buah yang memiliki nama lain Nephelium lappaceum adalah buah yang berasal dari jenis pohon tropis. Rasanya ada yang manis, adapula asam manis. Buah yang berkerabat dekat dengan leci ini memiliki daging yang berair dan berwarna putih.

Buah rambutan terbungkus oleh kulit yang memiliki rambut di bagian luarnya (eksokarp). Warnanya hijau ketika masih muda, lalu berangsur kuning hingga merah ketika masak/ranum. Endokarp berwarna putih, menutupi daging. Pohon dengan buah masak sangat menarik perhatian karena biasanya rambutan sangat banyak menghasilkan buah. Jika pertumbuhan musiman, buah masak pada bulan Desember hingga Maret, dikenal sebagai "musim rambutan". Masanya biasanya bersamaan dengan buah musiman lain, seperti durian dan mangga.

Namun siapa sangka, selain buah rambutan yang sangat nikmat untuk disantap langsung dengan rasa khasnya yang manis ini ternyata kulit rambutan juga bisa kita manfaatkan untuk kesehatan, khasiat kulit rambutan, tentunya tidak akan dapat kita rasakan bila kita tidak mengolahnya dengar benar, dan berikut beberapa khasiat kulit rambutan, diantaranya:

Disentri
Kulit buah rambutan (10 buah) dicuci, lalu dippotong-potong seperlunya. Lalu ditambahkan 3 gelas minum air bersih, selanjutnya rebus sampai airnya tersisa setengah. Setelah dingin, disaring dan diminum 2 kali sehari, masing-masing tiga perempat gelas.

Demam
Kulit rambutan yang telah dikeringkan (15 gr) dicuci. Kemudian ditambah 3 gelas air bersih, lalu direbus sampai mendidih selama 15 menit. Setelah dingin, disaring dan diminum 3 kali sehari, masing-masing sepertiga bagian.

Dengan mengetahui khasiat kulit rambutan tentunya kita bisa memanfaatkan kulit rambutan untuk kesehatan. Jadi, sehabis makan buah rambutan, kulitnya jangan langsung dibuang.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)