Khasiat Kafein untuk Tubuh

20 Desember 2013 Artikel Kesehatan


Kafein umumnya digunakan di seluruh dunia. Berfungsi sebagai bahan utama di salah satu minuman sosial paling populer di dunia, yakni kopi. Manfaat dan risiko penggunaan kafein, sering kali menjadi bahan yang diperdebatkan terutama di komunitas medis. Apa sebenarnya kafein? Kafein adalah senyawa alami yang ditemukan dalam daun kacang-kacangan dan buah tanaman tertentu.

Kafein sebenarnya diklasifikasikan sebagai obat stimulan psikoaktif. Ini berarti bahwa kafein dapat menyeberang ke otak dan bertindak ke sistem saraf pusat, mengubah persepsi. Bahkan, kafein merupakan obat yang psikoaktif di dunia yang legal dan tidak diatur. Efek dari asupan kafein, seperti stimulan lainnya, perubahan dalam persepsi, suasana hati, kesadaran, kognisi, dan perilaku. Dapat menghilangkan rasa kantuk sementara dan merangsang kekebalan dalam tubuh.

Dan siapa yang tidak mengenal kafein? Anda semua pasti sangat mengenalnya bukan? Ya, kafein sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Anda pasti sangat mengenalnya dan bahkan mungkin telah mengkonsumsinya tiap hari.

Namun demikian, sebenarnya kafein tidak hanya terdapat pada kopi saja. Selain kopi kafein juga terdapat pada minuman teh, coklat, minuman berenergi, dan juga pada obat-obatan. Kopi sendiri memiliki kadar kafein yang paling tinggi dari yang lainnya yaitu sekitar 1-1,5 persen. Bicara soal kopi, minum kopi seperti sudah menjadi budaya di negeri kita.

Jadi, apakah ada manfaat sejati bagi yang mengkonsumsi kafein? Berikut ini beberapa manfaat dari kafein:

Kafein Membantu untuk Bisa Berpikir Lebih Cepat.

Kafein terbukti mampu menstimulus sinyal pada otak agar lebih cepat memberikan respon lebih cepat dalam mengolah memori pada otak. Minumlah kopi 15 menit sebelum beraktivitas seperti bekerja atau belajar. Maka hasilnya akan lebih baik.

Kafein Dapat Mencegah Gigi Berlubang

Seorang professor dari University of Scranton menjelaskan bahwa kafein yang terdapat dalam kopi ternyata sangat tangguh memberantas bakteri penyebab gigi berlubang.

Kafein Mengurangi Sakit Kepala

Menurut sebuah penelitian, penderita migrain dalam kategori ringan dapat disembuhkan dengan secangkir kopi pekat atau secangkir kopi hitam. Alangkah lebih baiknya jika sebelum mengkonsumsi obat coba dulu sembuhkan sakit kepala Anda dengan minuman berkafein.

Kafein dapat melegakan napas penderita asma melalui pelebaran saluran bronkial yang menghubungkan kerongkongan dengan paru.

Kafein Membuat Badan Tidak Cepat Lelah

Mekanisme kerja zat kafein berlawanan dengan adenosin. Jika adenosine adalah zat untuk membuat kita cepat tidur, kafein memperlambat gerak sel tubuh sehingga tidak mudah lelah dan mengantuk.

Kafein Bisa Meningkatkan Rasa Riang

Kafein membuat kita merasa riang, lebih segar dan energik. Sedangkan untuk perempuan yang minum dua cangkir kopi per hari dapat mengurangi risiko mengidap pengeroposan tulang.

Kafein Dapat Meningkatkan Penampilan Mental

Kafein merangsang banyak daerah dalam otak yang dapat mengatur tetap terjaga, rangsangan, konsentrasi dan mood.Kafein dapat menangkal radikal bebas dan menghancurkan molekul yang dapat merusak sel DNA.

Kafein Dapat Mencegah Timbulnya Penyakit Kanker

Penyakit kanker sangat ditakuti oleh setiap orang. Dengan mengkonsumsi minuman berkafein, dapat mencegah penyakit kanker karena meningkatnya laju metabolism tubuh sehingga mengurangi resiko penyakit kanker.

Mungkin sebagian kita masih ragu mengenai manfaat kafein bagi tubuh. Mereka menghindari meminum minuman berkafein karena berbagai alasan. Kita harus menyadari bahwa kafein juga memiliki banyak manfaat sehingga sangat penting untuk kesehatan kita.

Namun demikian jangan mengkonsumsi kafein secara berlebihan. Cukup satu atau dua gelas sehari saja, jika lebih maka akan berdampak negatif bagi kita. Salah satunya gigi kita akan lebih cepat menghitam karena terlalu mengkonsumsinya. Maka dari itu minumlah sesuai dengan kebutuhan saja.

Oleh: Iman S
(Dikutip dari berbagai sumber)