Khasiat Jintan Hitam untuk Kesehatan

3 April 2018 Artikel Kesehatan


Jinten hitam adalah salah satu rempah yang memiliki sifat penyembuhan alami yang kuat. Seperti namanya, jinten berwarna hitam dan berbentuk tipis mirip bulan sabit. Pada awalnya ramuan jinten hitam ini berasal dari Mesir, negara-negara di Timur Tengah dan juga banyak digunakan oleh masyarakat India. Jinten hitam pada umumnya digunakan sebagai bumbu untuk berbagai jenis masakan di berbagai belahan dunia.

Jintan hitam selain dikenal sebagai tanaman obat juga dikenal sebagai tanaman rempah. Biji jintan hitam telah banyak diolah untuk bahan obat tradisional maupun obat modern. Tumbuhan ini dapat membantu kesehatan Anda dan menjadi populer beberapa tahun terakhir. Benih rendah hati ini sangat kuat untuk menyembuhkan racun dalam tubuh. Jintan hitam juga merangsang regenerasi sel-sel beta mati dalam pankreas penderita diabetes.

Berikut beberapa khasiat jintan hitam:
1. Memperkuat Kekebalan Tubuh
Jintan hitam mengandung bahan yang bisa meningkatkan jumlah sel-sel yang baik untuk meningkatkan sel-sel pembunuh alami sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Mengobati Gangguan Pencernaan
Jintan hitam diketahui mengandung bahan anti bakteri yang dapat membunuh beberapa jenis bakteri seperti bakteri kolera, E. coli dan Shigella spp sehingga jintan hitam efektif digunakan untuk mengobati gangguan sistem pencernaan yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

3. Antioksidan
Jintan hitam mengandung thymoquinone yang merupakan senyawa antioksidan yang berperan menangkal kerusakan sel akibat radikal bebas.

4. Melawan Kanker
Jintan hitam mengandung asam lemak yang bisa menghambat tumbuhnya kanker. Jintan hitam juga mengandung bahan yang merangsang produktivitas sumsum tulang dan imunitas.

5. Menetralkan Racun
Jintan hitam mengandung saponin yang mempunyai kemampuan menentralkan racun dan membantu tubuh mengeluarkan racun tersebut.

6. Menyehatkan Otak
Jintan hitam mengandung asam linoleat (omega 6) dan asam linolenat (omega 3) yang merupakan nutrisi penting bagi otak. Mengkonsumsi jintan hitam secara teratur dapat meningkatkan memori dan konsentrasi.

7. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Bayi dalam Kandungan
Jintan hitam mengandung asam lemak omega 3, omega 6, dan omega 9 yang merupakan nutrisi penting bagi ibu hamil dan bayi dalam kandungan.

8. Melancarkan ASI
Kombinasi asam lemak tak jenuh dan struktur hormonal yang terdapat dalam jintan hitam dapat melancarkan Air Susu Ibu (ASI).

Jinten hitam tersedia dalam bentuk Minyak hasil ekstraksi biji, yang disebut juga dengan minyak jinten hitam. Untuk keperluan penyembuah, jinten hitam juga banyak tersedia dalam bentuk kapsul siap minum.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)