Khasiat Dibalik Tanaman Jarong

23 Juli 2014 Artikel Kesehatan


Tanaman jarong menurut asal usulnya berasal dari amerika tropis, tanaman ini merupakan tanaman tahunan yang tumbuh tegak dan tingginya mencapai 1 m. Tanaman Jarong atau bahasa latinnya disebut Achyranthes Aspera Linn, dikenal dengan beberapa istilah di berbagai daerah di Indonesia diantaranya Jarongan, Jarong lalaki, Daun sangketan, Nyarang (Jawa); Sui in sui, Sangko hidung (Sulawesi); Rai rai, dodinga (Maluku). Sedangkan, ciri fisik tanaman ini diantaranya memiliki batang berbentuk segi empat, dengan banyak cabang, berdaun tunggal dan bertangkai, dengan bentuk bulat lonjong seperti telur. Panjang daun tanaman Jarong berkisar antara 1,5-10 cm dengan kedua permukaan daun yang berambut. Kandungan kimia yang terdapat pada tanaman jarong adalah reliosa, ramnosa, alkaloid akirantin, glokosa dan glaktosa.

Berikut beberapa manfaat khasiat tanaman jarong untuk kesehatan:

1. Radang tenggorokan atau batuk

Cuci bersih tanaman jarong yang masih segar sebanyak 50 gr, 2 buah kencur ukuran sedang, 2 siung bawang putih, lalu haluskan, tambahkan setengah cangkir air gula sambil di aduk rata, lalu peras dan saring. Minum 3x sehari selama 5 hari.

2. Kencing batu
Rebus seluruh bagian tanaman jarong yang masih segar sebanyak 18-30 gr atau tumbuhan kering sebanyak 12-24 gr. minum sebelum makan sebanyak 1 hari sekali.

3. Gondongan
Akar jarong di rebus, lalu di minum. selain itu akarnya dapat di lumarkan untuk di tempelkan pada gondongan.

Itulah khasiat dari tanaman jarong. Semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)