Khasiat Dibalik Daun Kahitutan

8 Oktober 2014 Artikel Kesehatan


Daun kahitutan dalam bahasa sunda dikenal dengan sebutan daun kentut, karena baunya yang sangat menyengat ini banyak orang yang tidak peduli dan tidak mau tau tentang tanaman ini padahal dalam dunia herbal daun kahitutan atau daun yang di China dikenal dengan nama Ji shi teng ini di kenal memiliki banyak manfaat kesehatan yang apabila dikonsumsi secara rutin maka akan memberikan efek signifikan terhadap kesehatan tubuh.

Daun Kahitutan ini merupakan jenis tanaman herbal tahunan yang memiliki batang memanjat dengan panjang sekitar 3-5 meter. Habitatnya di lapangan terbuka, tebing-tebing sungai, semak belukar, dan terkadang juga dirambatkan di pagar-pagar rumah (biasanya ditanam oleh orang yang paham bahwa daun ini memiliki kandungan khasiat). Adapun bagian tanaman yang biasanya digunakan untuk pengobatan beberapa penyakit antara lain keseluruhan akar atau herba. Daun ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan sejumlah penyakit semisal rematik, bronchitis, keseleo, tulang patah, perut kembung, kejang, disentri, sakit kuning, keracunan organik, kencing yang tidak lancar atau luka di tubuh akibat adanya benturan yang keras.

Berikut beberapa manfaat dan khasiat daun kahitutan untuk kesehatan:
1. Perut mules
Ketika Anda menderita perut mules maka Anda bisa mengambil 25 lembar daun yang dikukus kemudian dimakan. Sedangkan untuk pengobatan bagian luarnya, daun tersebut dilayukan di atas api kemudian diikatkan pada bagian perut yang mules.

2. Gangguan pada mata
Kalau Anda mengalami gangguan pada mata karena bengkak misalnya, maka bisa menggunakan daun ini dengan direbus air. Kalau airnya sudah hangat, daun tersebut dibungkus dengan kain kemudian letakkanlah di atas mata yang sakit sampai akhirnya daun menjadi dingin.

3. Sakit lambung
Untuk penderita sakit lambung, bisa menggunakan sekitar 60 gram daun segar yang ditumbuk hingga menyerupai bubur. Kemudian tambahkan secangkir air matang dan 1-2 sendok teh garam, aduklah secara merata. Lalu minum sebelum makan.

4. Cacar ular (Herpes Zoster)
Daun Kahitutan dicuci sampai seperti bubur. Lalu tambahkan air sedikit dan garam, kemudian balurkan pada sekitar gelembung-gelembung kecil yang tampak di kulit.

5. Radang telinga tengah
1/2 genggam daun dicuci bersih lalu digiling halus. Remas dengan 1 sendok makan air garam, diperas dan disaring. Airnya dipakai untuk menetes anak telinga yang sakit. Teteskan 4-6 kali sehari, setiap kali 3 tetes.

Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)