Khasiat Daun Pegagan bagi Kesehatan

9 Mei 2014 Artikel Kesehatan


Pegagan (centella asiatica) yang berasal dari Asia ini merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang berbunga sepanjang tahun.Tanaman ini juga dikenal dengan nama antanan, rendeng, daun tungke (bugis) sudah lama dikenal sebagai tanaman obat yang sangat bermanfaat. Pegagan ini mudah dikenali dari bentuk daunnya yang bentuknya menyerupai ginjal dan berlekuk-lekuk mirip otak. Karena itu daun pegagan dikenal sebagai obat ampuh untuk nutrisi otak. Tanaman ini biasanya tumbuh saja secara liar, mungkin kita sering melihatnya tapi mengabaikan begitu saja herba berkhasiat ini. Herba Pegagan hidup di tanah yang agak lembab di tempat yang cukup mendapat sinar matahari ternaungi atau teduh, seperti di padang rumput, pinggir selokan, sawah, dan sebagainya.

Daun pegagan ini memiliki sifat manis dan sejuk. Sementara efek farmakologisnya adalah anti-infeksi, antitoxic, penurun panas, peluruh air seni. Karena efek farmakologis tersebut pegagan secara turun temurun sering dijadikan sebagai obat tradisional. Kandungan kimiawinya terdiri dari asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahminoside, brahmic acid, madasiatic acid, meso-inositol, centellose, carotenoids, garam-garam mineral seperti garam kalium, natrium, magnesium, kalsium, besi, vellarine dan zat samak.

Berikut manfaat dari daun pegagan untuk kesehatan:
1.Susah kencing

Jika Anda mengalami susah kencing, ambil 30 gram pegagan segar. Lumatkan atau tumbuk halus. Ramuan tersebut ditempelkan di sekitar pusar.

2.Demam
Segenggam daun pegagan segar ditumbuk hingga halus, kemudian ditambah sedikit air dan garam, lalu saring. Airnya diminum pagi-pagi sebelum makan.

3.Campak
Untuk mengobati penyakit campak, ambillah 60 -120 gram pegagan, cuci bersih lalu direbus. Kemudian air rebusannya diminum.

4.Darah tinggi
Ambil 20 lembar daun pegagan kemudian direbus dalam 3 gelas air hingga menjadi 3/4-nya. Ramuan tersebut diminum 3 kali sehari, masing-masing 3/4 gelas.

5.Wasir
Ambil 4-5 batang pegagan berikut akar-akarnya, lalu direbus dengan 2 gelas air selama ± 5 menit. Minum air rebusan ini secara rutin selama beberapa hari.

6.Bisul
Cara pertama, sediakan 30 gram - 60 gram pegagan segar. Cuci bersih lalu direbus, dan air rebusannya diminum. Cara kedua, pegagan segar dicuci bersih, kemudian dilumatkan dan ditempelkan ke bagian tubuh yang sakit.

7.Batuk darah, muntah darah, mimisan
Ambil 60 - 90 gram pegagan segar lalu direbus atau diperas, kemudian airnya diminum.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat daun pegagan bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)