Khasiat Daun Mangga untuk Kesehatan

30 Mei 2014 Artikel Kesehatan


Mangga biasanya dapat dengan mudah kita jumpai di daerah pedesaan, akan tetapi belum banyak orang yang memanfaatkannya sebagai salah satu alternatif untuk kesehatan. Tidak hanya buahnya saja yang memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh kita, namun daun mangga pun memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita.

Banyak dokter-dokter dan ahli lainnya menyebutkan bahwa daun mangga dapat mengatasi penyakit diabetes. Ahli gizi juga mengatakan bahwa teh dari daun mangga memiliki vitamin A, vitamin B dan Vitamin C yang tinggi. Artinya teh mangga sangat bermanfaat untuk tubuh karena selain kaya akan vitamin, daun mangga juga kaya akan nutrisi. Beberapa dokter Eropa telah menggunakan manfaat daun mangga dengan menggunakan sebagai teh daun mangga untuk mengobati diabetes, manfaat daun mangga tidak hanya pada diabetes saja tetapi juga masalah pembuluh darah dan keluhan mata terkait dengan penyakit ini.

Berikut beberapa khasiat daun mangga untuk kesehatan tubuh yang perlu diketahui:

1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Dapat mengobati kegelisahan dalam individu. Dua sampai tiga cangkir teh dapat ditambahkan ke air mandi dan digunakan sebagai mandi herbal untuk menyegarkan semangat dan sejuk.

2. Untuk diare, demam, insomnia dan hipertensi
Hal ini terlihat sebagai obat umum untuk diabetes. Di Jamaika diketahui menggunakan obat herbal yang lebih murah dan kebanyakan pohon yang tumbuh di hampir setiap halaman Anda datang, yang memberikan setiap orang akses mudah ke pengobatan alternatif. 1 cangkir setiap hari dengan 2 sdm jambu biji, mangga atau jus pepaya akan ideal untuk memperkuat pembuluh darah rapuh dan varises.

3. Asam urat
Caranya seduh daun mangga muda dalam gelas sebagaimana menyeduh teh. Sebentar saja air putih panas itu berubah warna menjadi kecoklat-coklatan, kemudian tambahkan sedikit gula putih. Lalu minum seduhan daun mangga muda itu.

4. Untuk meredakan batuk
Terutama batuk rejan dan juga bermanfaat untuk asma, bronkitis, serta pilek. Oleh karena itu, alat bantu yang baik dalam setiap kondisi pernapasan. Manfaat daun mangga juga membuat obat kumur herbal yang sangat baik untuk berbagai masalah gusi. Ini akan mengurangi rasa sakit dan akan membawa bantuan ke mulut.

5. Meredakan Gejala Diabetes
Caranya, cukup dengan merendam daun mangga semalaman dalam secangkir air. Setelah itu, tiriskan daun keluar dan minum airnya. Hal ini membantu untuk meringankan gejala diabetes.

Itulah beberapa khasiat dari daun mangga untuk kesehatan tubuh. Jadi, jangan ragu lagi untuk mengonsumsi daun mangga. Semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)