Khasiat dari Labu Siam

13 Mei 2013 Artikel Kesehatan


Labu siam atau bahasa Inggrisnya sayuran disebut chayote, pastinya sudah sering kita makan dan bahkan bagi beberapa orang menjadi sayur favorit dalam hidupnya. Labu siam bisa dimakan baik buah maupun daunnya untuk sayur. Labu siam cukup mudah di temukan di pasar-pasar dan harganya cukup murah sehingga menjadi pilihan ibu-ibu dalam memasak. Disamping sebagai sayuran yang enak dimakan, labu siam menyimpan potensi obat yang luar biasa.

Berikut beberapa manfaat dari Labu siam:

Cegah hipertensi
Buah labu siam juga kaya akan kalium. Kalium berguna bagi tubuh untuk mengendalikan tekanan darah, terapi darah tinggi, serta membersihkan karbondioksida di dalam darah. Kalium juga bermanfaat untuk memicu kerja otot dan simpul saraf. Kalium yang tinggi juga akan memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan membantu memperlancar keseimbangan cairan, sehingga tubuh menjadi lebih segar. Selain bersifat diuretik, kandungan alkoloidnya bisa membuka pembuluh darah yang tersumbat. Oleh sebab itulah, labu siam bisa menurunkan darah tinggi.

Untuk menurunkan tekanan darah tinggi caranya: satu buah labu siam segar diparut lalu diperas, dan air perasannya diminum setiap pagi dan sore. Dalam waktu yang tidak begitu lama tekanan darah akan kembali normal.

Cegah kanker
Buah labu siam memiliki kadar serat yang cukup baik, yaitu 1,7 g per 100 g. Konsumsi serat dalam jumlah yang cukup sangat baik untuk mengatasi sembelit dan aman untuk lambung yang sensitif atau radang usus. Serat pangan dapat mengurangi risiko penyakit kanker yang disebabkan sistem pencernaan yang tidak sempurna..

Serat pangan mampu mengurangi waktu tinggal (transit time) makanan sejak dari rongga mulut hingga sisa makanan dikeluarkan dalam bentuk feses. Selama tinggal di saluran pencernaan, serat pangan akan mengikat zat-zat karsinogenik (penyebab kanker). Berkat singkatnya transit time sisa makanan di saluran pencernaan, waktu zat karsinogenik bermukim dalam tubuh juga makin pendek, sehingga peluang terjadinya kanker menjadi sangat kecil. Sering mengkomsumsi labu siam, berarti menjauhkan kanker usus dari kehidupan kita.

Turunkan kolesterol
Buah labu siam juga mengandung komponen vitamin yang cukup tinggi. Niasin merupakan bagian dari vitamin B kompleks yang disebut sebagai vitamin B3, berfungsi untuk menurunkan produksi VLDL (Very Low Density Lipoprotein) di dalam hati, sehingga produksi kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) dan trigliserida dapat menurun. Mengkonsumsi rutin berbagai olahan labu siam sangat baik untuk menurunkan kolesterol.

Diabetes mellitus
Labu siam dikukus dimakan untuk menggantikan nasi. Karena kandungan karbohidrat dalam labu siam cukup tinggi sehingga konsumsi nasi putih dapat dikurangi. Hal itu disebabkan pada labu siam terdapat kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, sehingga penderita diabetes tidak perlu mengonsumsi makanan pokok secara berlebihan.

Atasi asam urat
Labu siam juga sangat baik bagi penderita asam urat. Efek diuretik dari labu siam akan melancarkan pembuangan air kecil, sehingga kelebihan asam urat dapat segera dikeluarkan dari dalam tubuh.

Buah labu siam itu berasal dari tanaman bernama dengan nama ilmiah Sechium Edule dari suku Cucurbitaceae. Adapun, buah dan bijinya itu kaya akan senyawa dari golongan flavonoid, vitamin C dan vitamin B.

(Dikutip dari berbagai sumber)