Khasiat Belimbing Wuluh bagi Kesehatan

22 April 2013 Artikel Kesehatan


Belimbing wuluh dikenal cukup baik di masyarakat Indonesia. Buahnya yang asam membuat belimbing wuluh kerap digunakan sebagai bahan campuran dalam berbagai masakan tradisional. Belimbing wuluh atau Averrhoa Bilimbi memang memiliki rasa yang khas dan memberikan aroma tertentu pada masakan. Manfaat belimbing wuluh ternyata tak hanya sebatas itu. Tanaman ini memiliki berbagai khasiat obat yang bisa sangat membantu. Selain sebagai obat batuk, belimbing wuluh juga bisa digunakan sebagai obat pegal linu, gondongan, rematik, sariawan, jerawat, panu, darah tinggi, dan sakit gigi. Bagian tanaman yang digunakan sebagai obat adalah daun, bunga dan buah.

Tanaman ini memiliki berbagai kandungan kimia, antara lain saponin, tanin, glukosid, kalsium oksalat, sulfur, asam format, peroksida, dan kalium sitrat. Dalam farmakologi Cina tanaman ini dikenal bisa menghilangkan rasa sakit, memperbanyak pengeluaran empedu, antiradang, dan peluruh kencing. Tanaman ini bersifat antipiretik dan ekspektoran.

Beberapa manfaat belimbing wuluh adalah sebagai berikut:

1.Obat Pegal linu
Segenggam daun belimbing wuluh yang masih muda, 10 biji cegkeh, 15 biji lada, digiling halus lalu tambahkan cuka secukupnya. Lumurkan ke tempat yang sakit.

2.Obat Batuk
Selain buahnya daun belimbing wuluh juga bermanfaat sebagai obat batuk, caranya ambil 4 lembar daun belimbing wuluh, 2 buah belimbing wuluh dan gula batu, kemudian rebus dengan air sebanyak 300ml, hingga air rebusan tersisa setengah gelas, kemudian minum, sebelum diminum sebaiknya anda menyaring air rebusan.

3.Obat Rematik
Tambahkan cuka secukupnya sampai adonan seperti bubur dan oleskan ke tempat yang sakit. Buah belimbing wuluh juga dapat mengobati rematik, caranya ambil beberapa buah belimbing wuluh kemudian tumbuk dengan kapur sirih lalu usapkan di bagian yang terasa sakit.

4.Obat Gondongan
Sepuluh ranting muda belimbing wuluh beserta daunnya ditambah empat butir bawang merah, setelah di cuci bersih lalu ditumbuk sampai halus. Kemudian ramuan dibalurkan di tempat yang sakit.

5.Obat Sariawan
Caranya ambil 1 buah belimbing wuluh kemudian kunyah belimbing wuluh dengan garam, biarkan belimbing yang dikunyah menempel ke bagian yang sariawan.

6.Obat Jerawat
Belimbing wuluh juga bermanfaat untuk mengobati jerawat, caranya ambil 5 buah belimbing wuluh dan garam secukupnya, kemudian tumbuk hingga halus lalu usapkan ke bagian yang berjerawat. Lakukan 3 kali sehari.

7.Obat Panu
Sepuluh buah belimbing wuluh dicuci lalu digiling halus, tambahkan kapur sirih sebesar biji asam, diremas sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, minum setelah makan.

Tanaman ini dikenal dengan nama daerah limeng, selemeng, baliembieng, blingbing buloh, limbi, tukurela, dan malibi. Tinggi pohon belimbing wuluh bisa mencapai 10 meter. Pemeliharaan tanaman ini cukup mudah. Yang terpenting, ditanam di tempat terbuka, kelembaban tanah selalu dijaga, dan pohon diberi cukup air.

Manfaatkanlah bahan-bahan alami untuk menjaga tubuh kita dari berbagai penyakit dan efek-efek negatif dari polusi yang dapat merugikan kita nantinya.

(Dikutip dari berbagai sumber)