Keuntungan Mengunyah Makanan Pelan-Pelan

17 November 2017 Artikel Kesehatan


Makan dan minum sudah menjadi kebutuhan dasar manusia di dunia, berbagai macam makanan yang dapat Anda konsumsi. Namun bukan hanya sehat dan bernutrisi saja, tata cara makanpun juga perlu diperhatikan agar pencernaan berjalan lancar.

Kita pasti pernah mendengar nasehat dari orang tua kita untuk tidak makan secara rakus, sebab tidak sedap dipandang dan tidak sopan. Namun ini bukan satu-satunya alasan. Makan dengan rakus atau tergesa-gesa dapat memberi pengaruh buruk terhadap kesehatan tubuh Anda.

Setiap orang disarankan untuk mengunyah makanan secara benar dan perlahan. Tapi gaya hidup yang sibuk dan tergesa-gesa membuat kebanyakan orang mengunyah makanan dengan cepat dan menelannya segera. Padahal banyak keuntungan yang didapat bila mengunyah makanan secara perlahan.Anda mungkin berpikir lamanya mengunyah dan menghabiskan makanan itu tidak penting. Padahal ada banyak alasan kenapa Anda harus makan pelan-pelan.

Berikut keuntungan yang didapat dari mengunyah makanan pelan-pelan:
1. Pencernaan
Makan pelan-pelan artinya mengunyah dengan tidak terburu-buru. Hal itu pun berpengaruh terhadap sistem pencernaan yang mampu mengolah makanan yang sudah dihancurkan secara sempurna oleh gigi. Inilah salah satu manfaat penting dari makan pelan-pelan.

2. Kenikmatan
Semakin pelan Anda makan, semakin terasa kenikmatan akan makanan tersebut. Makan memang bertujuan untuk menghilangkan rasa lapar. Tetapi apa gunanya jika kenyang tanpa perasaan menikmati makanan?

3. Berat badan
Butuh waktu sekitar 20 menit bagi otak untuk menerima sinyal bahwa Anda sudah kenyang dan tak butuh makanan lagi. Namun jika makan terlalu cepat, artinya Anda memasukkan kalori yang lebih banyak pada tubuh sehingga memicu peningkatan berat badan.

4. Fokus
Makan pelan-pelan membuat Anda lebih fokus terhadap apa yang sedang Anda makan. Hal ini pun melatih pikiran agar mampu berkonsentrasi dengan lebih baik.

5. Pola hidup sehat
Ketika terbiasa makan pelan-pelan, secara keseluruhan Anda akan terbiasa menjalani gaya hidup sehat. Misalnya Anda membiasakan diri untuk mengerjakan tugas tanpa menunggu dekat dengan deadline sehingga tidak terburu-buru dalam menyelesaikannya.

Itulah beberapa keuntungan dari makan pelan-pelan. Apakah selama ini Anda sudah begitu?.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)