Keunikan Tubuh Manusia yang Jarang Diketahui

30 Juli 2013 Artikel Kesehatan


Didalam tubuh manusia memiliki sistim organ tubuh yang berkaitan satu sama lainnya sehingga menciptakan sinkronisasi pada tubuh manusia. Tubuh manusia setiap hari selalu bekerja ketika dari matahari terbit sampai terbenam. Tidak hanya saat siang, malam ketika tidur pun tubuh masih bekerja.

Dari panca indera, saraf, darah, organ seperti paru-paru dan jantung, serta komponen lainnya saling berkoordinasi supaya tubuh bisa berfungsi sebagaimana anda berdiri saat ini. tidak sedikit dari kita sudah mengetahui fungsi tubuh seperti jantung, paru-paru, otak dan organ lainnya yang umum sudah dikenal kegunaannya.

Namun, banyak orang yang belum mengetahui fakta unik dibalik tubuh kita. Ingin tahu keunikan tubuh manusia? Simak beberapa keunikan tubuh manusia berikut:

1. Makan bisa pengaruhi pendengaran
Kemampuan pendengaran manusia akan menurun ketika ia makan berlebihan. Bila Anda makan terlalu banyak, maka kemampuan mendengar Anda pun akan menurun. Jadi, sebaiknya pertimbangkan porsi makan dan berhentilah jika sudah kenyang, meskipun terkadang mulut terasa masih ingin mengunyah makanan.

2. Jumlah tulang bayi lebih banyak
Ketika bayi lahir, ia memiliki 300 tulang dalam tubuhnya. Namun, saat bayi memasuki usia dewasa, jumlah tulangnya berkurang menjadi 206. Hal ini terjadi karena tulang-tulang yang lebih kecil telah bergabung untuk membentuk satu tulang yang kuat.

3. Otot terkuat dan tulang terkuat
Meskipun ukurannya relatif, tapi pada tubuh manusia yang menjadi otot terkuat adalah lidah, bukan otot-otot besar seperti yang terlihat di tubuh para atlet. Sedangkan tulang yang paling kuat yang dimiliki manusia ialah rahang atas mulut.

4. Kecepatan bersin
Saat dikeluarkan dari tubuh, bersin memiliki kecepatan 160 km/jam. Dengan kecepatannya yang tinggi, sebaiknya saat bersin jangan menekan tubuh Anda karena itu akan mengakibatkan kerusakan pada tubuh.

5. Tidak dapat bertahan hidup tanpa tidur
Tidur sama halnya seperti Anda membutuhkan makanan. Banyak orang mengabaikan pentingnya tidur tanpa mengetahui bahwa sebenarnya manusia bisa bertahan hidup lebih lama tanpa makanan, daripada tanpa tidur. Rata-rata orang bisa bertahan hidup selama satu sampai dua bulan hanya dengan minum saja.
Tapi, dengan tidak tidur selama beberapa malam akan menyebabkan orang mengalami perubahan psikologis dan kepribadian.

6. Air mata emosional
Hanya manusia yang bisa mengeluarkan air mata karena pengaruh perasaannya. Hewan yang mengeluarkan air mata, itu karena alasan fisiologis misalnya iritasi mata.

7. Tekanan kuat pada hati
Hati manusia mampu menciptakan tekanan yang cukup untuk menyemprotkan darah sejauh 30 kaki (9 m)

8. Jarah tempuh darah
Setiap hari, darah manusia melakukan perjalanan sejauh 96.540 km di dalam tubuh manusia.

9. Perbedaan tinggi badan
Pada pagi hari, tinggi badan manusia satu cm lebih tinggi dibandingkan saat malam hari. Ketika siang hari tiba, lapisan tulang rawan pada sendi menjadi lebih padat sehingga tinggi badan berkurang.

10.Dapat berbicara panjang
Rata-rata perempuan mengucapkan 7.000 kata per hari, sedangkan laki-laki hanya 2.000 kata.

11.Berbicara itu prestasi
Bentuk pencapaian prestasi sederhana yang dilakukan oleh tubuh yaitu berbicara. Mengapa? karena untuk menghasilkan suara manusia saja, dibutuhkan interaksi 72 otot.

12.Rambut manusia mudah rontok
Rata-rata orang setiap hari kehilangan sekitar 60 sampai 100 helai rambut.

13.Memiliki sarang bakteri
Setiap kaki manusia memiliki sekitar 1 triliun bakteri ditemukan pada masing-masing kaki

14.Orang yang suka bermimpi saat tidur memiliki IQ yang tinggi
Semakin anda pintar, semakin banyak anda bermimpi. IQ tinggi juga dapat melawan penyakit mental. Beberapa orang juga yakin bahwa mereka lebih pintar dalam mimpi berbanding ketika mereka sadar.

(Dikutip dari berbagai sumber)