Ketahui Kondisi Kesehatan Melalui Keadaan Bibir Anda Saat Ini

11 Mei 2016 Artikel Kesehatan


Tahukah Anda, beberapa bagian dari tubuh Anda bisa berperan sebagai indikator dan berbagai masalah kesehatan. Seperti halnya dari kondisi bibir. Dikutip dari laman prevention.com, salah satu bagian tubuh yang bisa memberi tahu Anda mengenai kondisi kesehatan Anda adalah bibir.

Apa saja kondisi bibir dan apa saja makna di balik itu ? yuk simak ulasannya:

Sudut Bibir Terluka

Pernahkah Anda mengalami kondisi sudut bibir Anda terluka? Itu berarti Anda disarankan untuk selalu waspada dan lekas menemui dokter. Karena, hal tersebut bisa jadi disebabkan oleh jamur dan bakteri yang muncul dari dalam mulut.

Beberapa ahli mengatakan bahwa kondisi yang Anda alami tersebut adalah tanda bahwa ada organ dalam tubuh yang mengalami masalah. Bahkan menurut beberapa kasus, hal ini menunjukkan bahwa ada masalah pada kondisi kesehatan gigi dan gusi.

Bibir Kering

Mungkin hal ini sering terjadi bagi setiap orang. Kondisi bibir kering ini mengindikasikan bahwa Anda kekurangan vitamin C, cairan dalam tubuh serta kekurangan nutrisi penting. Seorang dokter dari American Academy of Dermatology, Diane Madfes, MD mengungkapkan bahwa kondisi tersebut merupakan tanda kurang terpenuhinya nutrisi penting tubuh.

Beberapa pendapat lain mengungkapkan bahwa hal ini disebabkan oleh diet yang salah. Maka dari itu, disarankan agar Anda mencukupi nutrisi harian dan tidak lupa untuk meminum air putih yang cukup.

Bibir Bengkak

Beberapa indikasi bibir bengkak seringkali diidentikan dengan alergi. Kondisi bibir bengkak menurut seorang ahli kesehatan mulut dan gigi di Manhattan, Keith Arbeitman adalah gejala awal ketika tubuh mengalami alergi terhadap makanan, cuaca atau serangga. Alergi ini biasanya diikuti dengan bentol-bentol, gatal serta kulit berair. Periksakan ke dokter jika kondisi Anda bertambah parah.

Nah, itulah beberapa kondisi bibir yang bisa mengindikasikan kondisi kesehatan Anda. Solusinya, terapkan pola hidup yang sehat dan penuhi nutrisi setiap hari serta jangan lupa untuk minum air putih yang cukup. Periksakan ke dokter jika kondisi Anda memburuk.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)