Ketagihan Cokelat Saat Hamil, Sehatkah?

29 Januari 2010 Artikel Kesehatan


KOMPAS.com - Cokelat tak hanya lezat tapi juga banyak manfaat. Namun, bolehkah ibu hamil mengonsumsi cokelat terus menerus?

Pada dasarnya cokelat aman untuk dikonsumsi, termasuk oleh ibu hamil. Tetapi sebaiknya tidak berlebihan mengonsumsi cokelat karena bisa mengurangi asupan makanan gizi yang dibutuhkan ibu dan janin. Selain itu, cokelat termasuk makanan tinggi kalori sehingga berpotensi menyebabkan kegemukan.

Sebenarnya yang perlu diwaspadai bukanlah cokelatnya, melainkan bahan campuran lain, seperti pemanis yang bisa memicu tubuh menjadi melar.

Selain itu cokelat juga mengandung kadar kafein cukup tinggi. Sepotong kecil cokelat bisa mengandung 10 mg kafein. Tentunya Anda tak cukup hanya makan cokelat sepotong bukan? Padahal, para dokter menyarankan ibu hamil untuk membatasi asupan kafein tak lebih dari 200 mg per hari.

Meski demikian, beberapa literatur menyatakan cokelat aman dikonsumsi ibu hamil. Sebuah studi menyebutkan, mengonsumsi cokelat bisa membantu mengurangi risiko preeklamsia atau keracunan kehamilan. Namun yang terutama cokelat bisa membangkitkan perasaan nyaman, senang dan bahagia pada diri ibu hamil.

Dalam memilih cokelat, disarankan untuk memilih cokelat hitam yang lebih banyak kandungan cokelatnya ketimbang campuran bahan lain. Selain itu cokelat hitam juga tidak terlalu manis sehingga Anda tak perlu khawatir tubuh menjadi gemuk.

sumber: kompas.com