Kesehatan Tubuh Dapat Tercermin Melalui Wajah

1 Februari 2013 Artikel Kesehatan


Mungkin yang terlintas di pikiran kita ketika mengalami suatu keanehan pada tubuh, pasti akan mencoba pergi ke dokter. Memang menganalisa penyakit bisa dikatakan susah apalagi kita tidak bisa melihat organ dalam tubuh kita sedang terkena penyakit jenis apa.

Pada zaman dahulu, pakar pengobatan bisa mendiagnosa seseorang terkena penyakit tertentu dengan mendeteksi wajah. Dengan melihat daerah tertentu pada wajah akan diketahui kesehatan organ dalam dan kondisi emosional seseorang. Jika Anda mengalami gangguan kulit seperti jerawat yang muncul di lokasi yang sama pada wajah secara berulang-ulang maka ada masalah kesehatan tertentu yang lebih membutuhkan perhatian.

Meskipun mendeteksi wajah bukan merupakan ilmu pasti, tetapi dapat membantu dalam mengarahkan kita dalam memelihara kesehatan. Dengan mendeteksi bagian di wajah berikut, kita dapat melihat organ tubuh mana yang bermasalah:

1. Mulut
Mulut berhubungan dengan perut. Bibir dapat menunjukkan kondisi lambung dan usus, sedangkan daerah sekitar mulut menuju ke rahang dapat menunjukkan kondisi usus besar. Adanya flek atau perubahan warna di sekitar bibir dapat mengindikasikan penyakit seperti sembelit, kembung, ataupun kurang nafsu makan.
Gusi berdarah mengindikasikan asam lambung berlebih. Sedangkan bibir kering dan bersisik menunjukkan tanda-tanda yang jelas bahwa kita terkena dehidrasi. Apabila pecah-pecah dan berdarah dapat menunjukkan limpa kita butuh perawatan. Tambah asupan vitamin B dan zat besi jika menderita tanda-tanda ini.

2. Dahi tengah
Daerah ini berhubungan dengan beberapa organ seperti jantung, usus halus dan kandung kemih. Jika bagian ini memerah dan bersisik, bisa jadi saluran pencernaan Anda bermasalah, dan butuh pelumasan. Untuk membantu agar pencernaan Anda tetap baik, maka kurangi makan makanan berminyak, daging olahan, dan produk susu sementara waktu.

3. Pipi tengah
Pipi berhubungan dengan sistem pernapasan, sehingga ruam ringan bisa menjadi indikasi bahwa tubuh kita kekurangan oksigen dan perlu latihan untuk memperdalam napas .
Untuk memulihkannya, cobalah segala hal yang dapat memperbaiki pernapasan , seperti latihan pernapasan, meditasi, atau berolahraga. Hindari pula merokok karena dapat mengakibatkan kerusakan kapiler yang ditunjukkan dari perubahan warna dan menambah garis-garis halus di daerah ini, seperti mereka yang menderita pilek, asma, ataupun flu. Ruam merah yang berlebihan pada pipi juga merupakan tanda-tanda terkena rosacea. Konsumsi kopi dan alkohol dapat membuatnya bertambah merah.

4. Area di antara ke dua alis
Bagian ini berhubungan dengan hati. Terlalu banyak mengonsumi alkohol dan racun lainnya terlihat pada bagian ini. Selain itu, bagian ini juga menunjukkan keadaan emosional seseorang, karena menurut pengobatan tradisional Cina, hati berkaitan erat dengan kemarahan. Oleh karenanya jika melihat tanda-tanda pada daerah di antara alis, cobalah buat instrospeksi kemarahan kita.

5. Dagu
Dagu berhubungan dengan ginjal dan kandung kemih. Ketidakseimbangan hormon dapat terlihat pada daerah wajah ini. Remaja pada umumnya mengalami ketidakseimbangan hormon sehingga umumnya sering timbul jerawat di bagian ini. Atau tanda-tanda seperti penggumpalan darah di dagu bisa jadi tanda-tanda bahwa kita terlalu lelah bekerja atau terlalu stress beraktivitas.

Dengan mengenali gejala apa yang dialami tubuh melalui deteksi wajah ini, kita dapat membuat pertolongan pertama pada organ penting tubuh sehingga tidak merambat ke penyakit yang lebih serius.

(Dikutip dari berbagai sumber)