Kesehatan Terancam oleh Cuaca Ekstrem? Lawan dengan Tips Ini

10 Agustus 2012 Artikel Kesehatan


Cuaca ekstrim terkadang membuat tubuh kita "kaget" menerima cuaca karena jika pergantian musim biasanya tubuh akan melakukan adapatasi kepada cuaca lingkungan sekitar agar kuat terhadap cuaca yang berada di sekitarnya. Akibatnya tubuh menjadi mudah terserang penyakit dan membuat aktivitas kita terhenti. Hal ini pasti merugikan kita bukan? Ya sakit memang merupakan hal yang semua orang tidak mau menerimanya. Oleh karena itu jagalah kesehatan terutama pola makan kita. Bila kita suka jajanan sebaiknya mengonsumsi jajanan harus dibatasi karena jika tidak maka akan menimbulkan penyakit yang datang secara tiba-tiba.

Contohnya ketika sedang cuaca panas matahari teriknya tiba-tiba mendung dan hujan lebat. Ini mengakibatkan tubuh harus lebih kuat menarik daya tahan tubuh dari serangan penyakit tersebut.

Ingin tubuh tetap kuat dengan cuaca yang ekstrim? Berikut solusinya agar tubuh tetap kuat.

1. Kebersihan dan tidur teratur

Menjaga tangan anda supaya tetap bersih dan sehat adalah cara terbaik yang dapat dilakukan agar terbebas dari kuman pembawa penyakit karena tangan adalah sumber penyakit yang sering kita memegang sesuatu tanpa diketahui bahwa yang kita pegang adalah sumber kuman. Untuk itu pastikan tangan anda sudah dicuci dengan air dan sabun antiseptik pada saat makan, menyiapkan makanan dan setelah ke toilet. Selain kebersihan yang tidak kalah penting adalah tidur yang teratur karena tidur adalah obat terbaik selain itu juga meregenerasi sel tubuh yang mati akibat aktivitas seharian.

2. Hindari rasa stress

Jika anda stress kronis , maka kondisi tubuhlah yang berdampak negatif selain pikiran anda. Anda mengabaikan kondisi tubuh anda seperti tidak mau makan sehingga anda mudah terserang penyakit karena daya tahan tubuh melemah.

3. Rutin olahraga

Olahragalah secara teratur untuk menjaga kebugaran tubuh agar tidak mudah terserang penyakit karena sel T (darah putih yang menjaga tubuh terhadap infeksi dan meningkatkan daya tahan tubuh). Menurut penelitian, orang yang berolahraga sedang seperti jalan cepat dapat menurunkan resiko penyakit cuaca seperti flu sekitar 50%.

4. Lengkapi nutrisi harian anda dengan konsumsi herbal dan suplemen

Tanaman seperti bawang putih, astragalus serta jahe dapat meningkatkan daya tahan tubuh dari berbagai penyakit. Selain mengonsumsi tanaman herbal, lengkapi dengan suplemen nutrisi anda supaya kebutuhan tubuh anda terpenuhi dalam beraktivitas.

5. Biasakan Diet

Konsumsilah makanan yang mengandung berbagai vitamin terutama vitamin C dan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas seperti buah dan sayuran. Jika anda suka makanan yang sedikit berlemak, pilihlah ikan karena mengandung lemak sehat yang berguna bagi tubuh yang mengandung asam lemak Omega 3 sehingga zat ini dapat membantu tubuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta protein pada ikan berguna untuk meregenerasi sel yang mati dan membentuk yang baru. Selain itu minumlah air putih minimal 6-7 gelas perhari untuk mecegah dehidrasi.

(Dikutip dari berbagai sumber)