Kenapa Kehujanan Membuat Kepala Pusing dan Demam?

17 April 2015 Artikel Kesehatan


Seringkali kita berpikir, mengapa air hujan bisa membuat seseorang menjadi demam atau terasa pusing di kepala. Padahal jika di perhatikan air hujan tidak ada bedanya dengan air kran atau air yang berasal dari sumur. Apakah terdapat zat berbahaya di dalam air hujan?

Sebenarnya yang bisa membuat seseorang merasakan demam atau pusing setelah kehujanan di karenakan suhu dingin yang tidak biasa dalam kondisi mendadak seketika itu sehingga bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan terjadi penyempitan pada pembuluh darah. Sehingga dari fenomena alam air hujan tersebut bisa menyebabkan demam.

Lantas kenapa air hujan bisa membuat kepala menjadi pusing? Saat musim hujan tiba cuaca di sekitar kita berubah menjadi dingin, bakteri dan virus akan mudah menyebar ke segala penjuru sehingga membuat seseorang menjadi lebih mudah terserang sakit yang di sebabkan oleh sistem kekebalan tubuh mulai menurun. Dan saat kehujanan tubuh akan berusaha semaksimal mungkin mengeluarkan energi yang lebih besar untuk mengatasi rasa dingin. Air hujan membuat suhu pada tubuh semakin dingin, terutama di area kepala sehingga pada akhirnya di rasakan pusing seketika.

Dan selain itu, ternyata air hujan juga mengandung senyawa yang bersifat keasaman, bahkan sampai saat ini air hujan di gunakan untuk menambah air aki kendaraan bermotor, karena di nilai mampu menambah zat asam sulfat pada air aki sebelumnya. untuk itu walaupun seseorang terkena hujan rintik rintik saja biasanya akan tetap terserang rasa pusing.

Nah, ini lah beberapa hal yang dapat menyebabkan sakit kepala saat hujan, di sarankan agar segera membilas rambut setelah kehujanan agar zat-zat asam yang terbawa air hujan hilang, dan menurunkan resiko terinfeksi penyakit, dan segera mengganti pakaian yang basah agar suhu tubuh tidak terlalu dingin sehingga kekebalan tubuh terhadap penyakit pun menjadi rentan.

Dan satu hal lagi yang membuat kita merasa heran, mengapa mandi air hujan dengan di sengaja tidak gampang membuat sakit atau pusing. Itu di karenakan tubuh kita sebelumnya sudah mempersiapkan kemungkinan suhu dingin yang akan di rasakan, sehingga tubuh akan mengeluarkan energi panas yang seimbang.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)