Kenali Tanda-Tanda Sebelum Migrain Menyerang

23 Oktober 2019 Artikel Kesehatan


Migrain adalah salah satu jenis sakit kepala yang banyak dikeluhkan. Serangan migrain terasa menyiksa karena gejala yang dialami bukan sekedar sakit kepala biasa. Sampai saat ini belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab migrain. Serangan migrain unik dan bisa saja berbeda pada setiap individu. Sakit kepala sebelah ini bisa sangat parah jika sedang menyerang dan risiko paling besar mengalami migrain adalah wanita, bahkan perbandingannya bisa mencapai tiga kali lipat dari jumlah pria. Oleh karena itu, sangat penting mengetahui gejala migrain sebelum benar-benar mengganggu aktivitas Anda

Ada beberapa tanda atau gejala yang biasanya terjadi beberapa hari sebelum migrain menyerang. Menurut Robert Cowan, MD, spesialis saraf dari Stanford University School of Medicine, kunci untuk mengetahui penyebab timbulnya migrain adalah memperhatikan lingkungan sekitar dan memahami apa yang dapat memicu sakit kepala.

Berikut beberapa tanda umum serangan migrain yang patut Anda waspadai:
1. Gejala aura

Gejala aura ini adalah yang paling umum saat sebelum migrain. Gejala ini bisa berlangsung paling lama selama 60 menit dan meliputi gangguan penglihatan. Anda seakan melihat lampu berkedip, garis, atau gambar kabur hingga menghilang. Anda mungkin juga melihat garis bergerigi yang mengganggu.

2. Perubahan mood
Beberapa penderita migrain biasanya akan merasakan perubahan suasana hati seperti tiba-tiba sedih atau justru sebaliknya. Anda bisa jadi sangat sensitif dan mudah tersinggung. Perasaan malas, cemas dan tertekan mungkin juga akan Anda alami.

3. Kurang tidur
Bangun dengan badan yang masih lelah dan otak tidak mendapatkan waktu cukup untuk istirahat telah diteliti dan memiliki hubungan dapat memicu migrain. Penelitian menunjukkan bahwa semakin Anda kurang tidur, frekuensi kambuhnya migrain akan semakin tinggi.

4. Hidung tersumbat
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 90 persen orang dengan keluhan sinus atau hidung tersumbat akan mengalami migrain. Gejala ini bisa datang tiba-tiba dan migrain akan menyusul setelah hidung terasa buntu.

5. Nyeri di leher
Sudah banyak penderita migrain yang menyatakan bahwa mereka mengalami sakit di leher sebelum migrain. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa 38 persen pasien migrain selalu mengalami sakit pada leher.

Jadi, jika Anda mulai mengalami salah-satu dari gejala-gejala tersebut, siapkan obat dan minum sebelum migrain menyerang ..

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)