Kenali Tanda- Tanda Kantuk yang Tidak Sehat!

19 Januari 2015 Artikel Kesehatan


Mengantuk menjadi sinyal bagi tubuh kita untuk beristirahat. Sama halnya dengan lapar merupakan sinyal bahwa kita perlu makan. Namun, kebanyakan orang mengganggap kantuk sebagai suatu kemalasan. Padahal mengantuk merupakan hal yang alamiah.

Pada dasarnya, mengantuk menandakan kita kurang tidur. Kondisi kurang tidur bisa dikarenakan kurangnya waktu saat tidur atau kualitas tidur yang buruk. Kualitas tidur yang buruk dapat diketuahi dari rasa kantuk yang berlebih walaupun waktu tidur sudah cukup.

Kantuk ternyata bisa bertambah parah. Oleh karena itu, ada baiknya jika kita mengenali tanda - tanda kantuk yang tak sehat seperti berikut:

Pelor

Pelor alias nempel molor adalah istilah bagi orang yang mudah sekali terlelap tidur. Tak kurang dari 5 menit saat membaringkan tubuh ke kasur, orang itu sudah terlelap. Padahal mula tidur (sleep onset) yang normal yaitu sekitar 10 - 20 menit.

Kemampuan otak menurun

Kurangnya tidur dapat membuat proses ingatan jadi tidak sempurna. Tidur memang diperlukan untuk menjaga daya ingat otak juga mengontrol emosi.

Tertidur

Bila kita mengantuk sampai tertidur, itu tandanya penyakit tidur yang diderita sudah sangat parah. Namun, banyak orang mencoba untuk mengkonsumsi minuman berkafein agar tetap terjaga. Padahal miman tersebut hanya untuk menunda rasa kantuk dan tidak mengembalikan tenaga otak yang sudah lelah.

Memicu banyak makan

Kantuk dapat memicu nafsu makan. Ketika kita mengantuk saat melakukan aktivitas, tubuh otomatis akan membutuhkan tenaga tambahan.

Impulsif

Mengantuk bisa saja memicu sikap impulsive. Orang yang sedang mengantuk dapat mudah terpancing emosi. Kemampuan mengambil keputusan juga sangat menurun.

Cobalah untuk pikirkan kesehatan tidur Anda. Menambah konsumsi kafein atau berbagai vitamin penunda ngantuk bukanlah solusi yang tepat, justru akan mebuat kantuk yang tidak sehat.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)