Kenali Pemicu untuk Berhenti Merokok

25 Januari 2010 Artikel Kesehatan


Semua orang tahu bahwa merokok tidak baik bagi kesehatan. Akan tetapi, menghentikan kebiasaan buruk ini tidak semudah saat niat muncul. Padahal, banyak cara yang bisa Anda coba, salah satunya adalah mengenal faktor pemicu. Anda bisa memulai upaya berhenti merokok dengan menjauhi faktor pemicu tersebut.

Menurut direktur Smoking Cessation Clinic di Columbia University Lirio Covey, PhD, berikut beberapa faktor pemicu merokok dan cara mengatasinya:

Stres dan pergolakan emosi. Hal ini umumnya berkaitan dengan emosi negatif, tapi kadang-kadang emosi positif juga bisa memicu hasrat untuk merokok.

Paparan rokok atau sesuatu yang berkaitan dengan rokok, seperti bersama dengan perokok.

Kondisi atau lingkungan, seperti waktu-waktu khusus yang biasanya Anda gunakan untuk merokok dan kebiasaan-kebiasaan yang memicu keinginan Anda untuk merokok. Hal ini biasanya akan semakin kuat tepat setelah Anda berhenti merokok dan akan melemah seiring waktu.

Cara mengatasi

Untuk membantu Anda berhenti merokok, berikut beberapa saran Trina Ita dari American Cancer Society's Quitline yang bisa menjadi panduan Anda:

Jika Anda biasanya tiba-tiba ingin merokok saat sedang mengendarai mobil, buatlah mobil Anda menjadi area yang tidak ramah asap. Bersihkan, kosongkan dan gosoklah asbak dan pastikan laci mobil Anda bebas dari rokok. Selain itu, pastikan agar makanan pengganti seperti permen karet atau permen bebas gula tersedia di laci. Dengan begitu, mulut Anda bisa tetap sibuk saat mengemudi.

Jika berada di sekitar perokok lain memicu Anda untuk merokok juga, bicaralah dengan teman Anda. Mintalah agar mereka berusaha sebisa mungkin tidak merokok di sekitar Anda. Hal ini untuk meminimalkan pengulangan kebiasaan merokok Anda. Jika teman Anda merokok di luar, tetaplah tinggal di dalam. Pujilah diri sendiri saat Anda tidak mengikuti kebiasaan merokok teman-teman Anda di luar.

Selalu ingin merokok setelah makan? Cobalah menyibukkan diri setelah makan. Bangun dan rapikan meja, cuci piring dan bersihkan sisa-sisa makanan.

Begitu pemicu ada di depan mata dan Anda berniat untuk merokok, cobalah tahan keinginan Anda selama mungkin."Tunda dorongan merokok tersebut, jika bisa menunggu selama 15 menit, kemungkinan Anda tidak akan memikirkannya lagi," tutur Ita. (IK/OL-08)

sumber: mediaindonesia.com/mediahidupsehat