Kenali Makanan yang Membuat Anda Semakin Lapar!

28 Juni 2017 Artikel Kesehatan


Makanan diibaratkan sebagai bensin yang bisa membuat tubuh kenyang dan bertenaga. Namun faktanya, tak semua makanan memiliki efek seperti itu pada tubuh. Bukannya membuat kenyang, beberapa makanan tertentu malah akan membuat Anda semakin lapar.

Nah, berikut makanan yang membuat Anda setelah memakannya malah semakin lapar:

1. Kentang goreng
Meskipun kentang merupakan bagian dari sayuran yang berkarbohidrat tinggi, tetapi manfaat baik tersebut akan tertutupi oleh tepung untuk menggoreng yang mengandung karbohidrat sederhana, garam dan saos yang mengandung sirup jagung tinggi fruktosa.

Hal ini akan menempatkan Anda makan kentang goreng terlalu banyak tanpa Anda sadari karena merasa belum cukup kenyang.

2. Pasta putih
Pasta putih mengandung karbohidrat sederhana yang cepat sekali dicerna oleh tubuh dan menyebabkan kadar glukosa tubuh meningkat, sehingga Anda akan segera merasa lapar lagi setelah mengonsumsinya.

3. Roti dari tepung putih dan gula
Roti terbuat dari tepung putih dan gula putih, dua karbohidrat sederhana yang segera dicerna setelah dimakan, sehingga terjadi lonjakan insulin yang sangat besar dan membuat Anda lapar.

4. Permen karet
Mengunyah permen karet merangsang enzim lambung yang menghasilkan liur. Air liur yang dihasilkan ketika mengunyah akan mengalir ke dalam perut dan menipu lambung Anda bahwa akan ada makanan yang dicerna, itulah yang membuat Anda merasa lebih lapar.

5. Susu coklat
Selain mengandung gula, rasa manis dalam susu coklat juga mengandung lemak terhidrogenasi, yang berubah menjadi lemak trans dan dapat mengganggu metabolisme tubuh dan membuat Anda merasa lesu dan lapar.

6. Yoghurt dengan rasa
Yoghurt mengandung kalsium yang baik untuk tulang, tetapi jika yoghurt ditambahkan dengan gula dan perasa tambahan seperti sirup jagung tinggi fruktosa, manfaat baiknya akan hilang. Makanan ini dapat membuat Anda segera lapar kembali setelah mengonsumsinya.

7. Sereal olahan
Sereal olahan yang terbuat dari tepung dan bukan gandum, tentu akan membuat Anda cepat lapar kembali karena tepung putih mengandung karbohidrat sederhana yang sangat mudah dicerna.

Jadi untuk yang lagi diet sebaiknya hindari makanan di atas jika diet nya tidak ingin gagal.

Semoga bermanfaat!

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)