Kenali Gejala Migren dan Pencegahannya

8 Januari 2013 Artikel Kesehatan


Semua orang saat melakukan aktivitas pasti akan merasa sangat terganggu apabila tiba-tiba mengalami migren. Migren alias sakit kepala sebelah adalah penyakit yang rumit, gejala secara klinis juga lebih dari sekedar sakit kepala. Sebagian gejala bahkan sudah muncul sehari sebelum migren datang.

Migren bisa datang tiba-tiba tanpa ada sebab yang kronis. Tetapi perlu dipahami juga bahwa migren juga penyakit yang individual, setiap orang mengalami gejala yang berbeda-beda. Untuk memahami migren yang kerap menyerang, perhatikan lingkungan dan coba lihat apa yang membuat datangnya sakit kepala sebelah ini. Apakah tanda-tandanya? Berikut adalah beberapa gejala migren:

1. Aura
Efek penglihatan, termasuk melihat bintik-bintik atau noda (aura), penglihatan berkurang, sering terjadi 30 menit atau satu jam sebelum serangan migren kemudian hilang begitu saja saat migren menyerang. Bagi kaum wanita sebelum menopause yang mengalami aura sebelum migren harus berhati-hati karena bisa jadi rentan terhadap stroke.

2. Sensitif terhadap suara dan cahaya
Penderita migren seringkali mengeluhkan nyeri kepala yang dirasakan dibarengi dengan munculnya rasa lebih sensitif pada suara atau cahaya. Pada sebagian kecil orang bahkan kulitnya jadi lebih sensitif. Menurut para ahli, kelebihan aktivitas di bagian otak yang mengatur stimulus lingkungan yang dianggap menyakitkan yang menyebabkan timbulnya rasa sensitif itu.

3. Kebas
Rasa kesemutan di tangan atau kaki, kebas atau mati rasa di bagian lengan atau sebagian wajah, biasanya dialami penderita migren. Hal itu timbul saat terjadinya aura.

4. Nyeri pada satu sisi kepala
Nyeri kepala tipe tegang atau tipe lain akan menyebabkan rasa nyeri di seluruh kepala atau pada kedua bagian. Dengan timbulnya rasa mual dan nyeri pada satu bagian kepala adalah tanda bahwa kita menderita migren. Nyerinya juga lebih intens dan membuat sulit beraktivitas.

5. Menguap
Sehari atau dua hari sebelum migren menyerang, kita mungkin akan menguap lebih sering dari biasanya. Gejala awal lainnya (prodomes) antara lain retensi cairan, ingin ngemil, lelah, kehausan, dan perubahan emosional. Meski gejala itu mengganggu, tapi kita bisa menyiapkan diri untuk mengatasi migren.

6. Penglihatan kabur
Sensasi penglihatan yang bersinar bisa terjadi saat nyeri migren kumat atau saat kita melihat aura. Sebagian orang juga mengalami gangguan penglihatan atau perubahan saraf lainnya. Perubahan penglihatan ini berkaitan dengan perubahan aliran darah ke otak.

Kalau anda mengalami gejala migren tidak perlu terlalu cemas. Ada beberapa jenis makanan yang dapat meringankan atau bahkan mengobati serangan migren.

Pola diet yang tepat dengan gizi seimbang dapat membantu mengelola, merawat dan bahkan menghentikan derita akibat sakit kepala migren. Berikut adalah lima makanan yang dapat membantu meringankan migren:


1. Bayam

Hampir semua orang mengenal akrab sayuran berdaun hijau ini. Bayam kaya akan zat magnesium, salah satu nutrisi terbesar yang memiliki kemampuan mencegah migrain.

2. Biji rami


Biji-bijian kecil ini memiliki profil gizi yang tinggi dan juga mengandung asam lemak omega-3 yang mampu mengurangi perandangan akibat migren. Beberapa studi bahkan juga telah melihat adanya hubungan antara diet tinggi asam lemak omega 3 dengan penurunan risiko hipertensi, stroke, kanker, gangguan kekebalan dan masalah penyakit kulit tertentu.

3. Telur yang diperkaya omega-3


Diet tinggi kandungan asam lemak omega-3, khususnya pada telur dapat mengurangi peradangan yang diduga sebagai penyebab migren. Selain telur, kita juga dapat mengonsumsi beberapa jenis ikan laut, khususnya ikan salmon, yang juga terbukti efektif dalam melawan nyeri kepala akibat migren.

4. Kacang


Kacang-kacangan banyak mengandung magnesium, kekurangan mineral ini telah dikaitkan dengan migren. Sejumlah penelitian telah menghubungkan antara kekurangan magnesium dan sakit kepala migren. Penelitian menujukkan bahwa sekitar separuh dari semua penderita migrain memiliki magnesium terionisasi dalam darah dalam jumlah sedikit. Magnesium, yang dikandung dalam kacang, melindungi tubuh dari sakit kepala dengan cara merelaksasi pembuluh darah. Selain itu, magnesium memiliki efek menenangkan sehingga berguna untuk meredakan sakit kepala akibat tegang.

5. Susu skim


Susu skim adalah susu segar yang tertinggal setelah krim diambil sebagian atau seluruhnya. Susu skim mengandung semua zat makanan dari susu kecuali lemak dan vitamin yang larut dalam lemak.
Susu ini kaya kandungan riboflavin atau biasa dikenal vitamin B2. Riboflavin memiliki peran penting dalam memproduksi energi pada berbagai tingkat seluler. Kurangnya energi diduga dapat memicu migrain. Vitamin ini juga memiliki peran vital dalam pembentukkan sel darah merah, antibodi dalam tubuh, dan dalam metabolisme pelepasan energi dari karbohidrat.

(Dikutip dari berbagai sumber)