Kenali Dry Shampoo, Keramas Tanpa Bilas

6 Maret 2015 Artikel Kesehatan


Tahukah Anda tentang dry shampoo? Dry shampoo merupakan solusi baru dalam mencuci rambut. Dry shampoo merupakan pembersih rambut yang tidak menggunakan bahan dasar air atau minyak, sehingga Anda tidak perlu membilas dengan air untuk mencuci rambut.

Dry shampoo pada awalnya diperkenalkan oleh perusahaan kecantikan Prancis, Klorane, yang membuat shampo dalam bentuk spray. Sebenarnya, dry shampoo sudah ada sejak zaman Victorian. Para wanita pada zaman itu menggunakan tepung pada rambut untuk membuat rambut mereka indah.

Dry shampoo yang sekarang dirancang hampir sama dengan yang dipakai pada era Victorian tersebut, yaitu berbentuk bubuk dengan aroma wangi. Komposisinya terdiri dari ekstrak jagung, beras dan havermut yang kaya akan lemak sehingga mampu menyerap minyak pada rambut.

Cara pemakaiannya cukup sederhana. Kocok botol shampoo terlebih dahulu, lalu semprotkan pada rambut yang kering dengan jarak 30 - 40 cm, agar dry shampoo merata pada rambut. Setelah itu pijat lembut kulit kepala. Jangan langsung menyisir rambut, biarkan dry shampoo benar - benar menyerap pada rambut beberapa menit, kemudian barulah sisir rambut agar sisa bubuk di rambut hilang.

Tidak kalah bersih dengan shampoo biasa, dry shampoo bisa diandalkan dan membuat rambut lebih tebal. Dry shampoo bisa mengurangi risiko rambut rusak karena terlalu sering dikeramas. Selain itu praktis bagi Anda yang kadang tak punya waktu untuk mencuci rambut secara konvensional.

Namun shampoo ini tidak dianjurkan digunakan setiap hari. Bila Anda gunakan dry shampoo setiap hari, maka minyak dan kotoran akan menumpuk. Selain itu masalah rambut seperti ketombe, rontok, kulit kepala sangat kering juga bisa dialami.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)