Kenali dan Usir Flek Hitam

9 September 2009 Artikel Kesehatan


Selain pertambahan usia, flek juga bisa dipercepat oleh paparan sinar UV berlebih saat kulit sama sekali tidak memakai perlundungan (sunscreen). Saat terpapar tanpa perlindungan, kulit akan melindungi diri dengan memproduksi melatonin (sel-sel pigmen di kulit) berlebih. Melatonin ini selanjutnya akan membentuk noda-noda yang mengganggu penampilan. Berikut beberapa terapi lainnya yang bisa menjadi pilihan Anda.

Apa saja penyebabnya? Selain paparan UV berlebih, noda kulit ini bisa juga dipicu oleh substansi psoralens yang terdapat dalam makanan seperti seledri, limau dan lobak. Saat mengonsumsi makanan ini, kulit akan semakin sensitif jika terpapar sinar matahari langsung. Karena itu, usahakan memakai sunscreen. Selain itu, bercak kecokelatan ini juga bisa dihasilkan oleh lotion dan parfum yang mengandung bergamot oil, di area yang terpapar matahari.

Bleaching cream (Krim bleaching)

Anda bisa mencoba bleacing cream yang mengandung kojic acid atau hydroquinone. Kandungan ini bisa menyamarkan bintik-bintik kecokelatan serta pigmen yang tidak normal di kulit. Dengan begitu, noda-noda tersebut akan memudar dan menyatu dengan warna kulit. Anda bisa mendapatkan produk seperti ini di apotik atau berkonsultasilah dengan dokter untuk menemukan jenis yang paling tepat.

Fade cream (krim pemudar)

Anda juga bisa menggunakan fade cream yang mengandung hydroquinone. Krim ini bekerja dengan mengontrol produksi melanin. Akan tetapi, biasanya produk-produk ini bekerja secara perlahan. Untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan resep hydroquinone yang lebih kuat.

Medicated cream (krim obat)

Pemakaian tretinonin seperti Retin-A, Stieva-A, Rejuva-A, Retisol-A, Renova dan vitamin A acid ke area punggung tangan setiap hari selama beberapa bulan terbukti secara perlahan bisa menghilangkan bintik yang muncul akibat usia. Cara ini sekaligus menghilangkan pigmentasi yang tidak normal dan mengurangi kerutan. Dengan begitu, tangan akan terlihat lebih muda.

Chemical peels (zat kimia pengelupas)

Larutan yang mengandung asam juga efektif mengangkat bintik-bintik yang muncul akibat penuaan. Larutan ini bekerja dengan cara mengiritasi kulit berbintik sehingga terkelupas dari kulit. Di bawahnya akan muncul kulit berwarna merah jambu yang akan memudar dan sama dengan kulit normal dalam beberapa bulan.

Cryotherapy

Terapi ini merupakan salah satu yang paling umum digunakan untuk menghilangkan bintik-bintik kecokelatan di kulit. Dalam terapi ini, dokter akan menyemprotkan nitrogen cair (yang telah didinginkan) secara perlahan ke bintik-bintik di kulit untuk memicu radang dingin lokal. Setelah 2 atau 3 minggu, bintik yang disemprot tersebut akan mengelupas karena kulit di bawahnya mendorong ke permukaan. Hal ini akan meninggalkan area kulit baru berwarna merah jambu yang akan memduar dan menyerupai warna kulit dalam waktu seminggu hingga sebulan. Akan tetapi, cara ini kadang-kadang meninggalkan sedikit bekas luka. (OL-08)

sumber: mediaindonesia.com