Kenali Cara Deteksi Berbagai Gejala Penyakit Lewat Kaki Anda

12 Agustus 2019 Artikel Kesehatan


Tubuh manusia diciptakan Tuhan secara istimewa. Tidak ada sesuatu yang sia-sia dan tidak berguna. Bahkan anggota tubuh kita dapat menjadi indikator penyakit yang sedang dialami oleh tubuh. Salah satunya ialah dengan melihat kondisi kaki. Dikutip dari WebMD, berikut adalah cara deteksi penyakit melalui kaki Anda:

Pegal dan Nyeri

Setelah seharian beraktivitas, bekerja, bersekolah maupun bermain, kaki Anda terasa begitu pegal dan nyeri. Hal tersebut menandakan Anda olahraga terlalu keras, atau telah melakukan perjalanan jauh. Jika Anda merasakan pegal dan nyeri di bagian tumit, hal tersebut menandakan Anda terkena plantar fasciitis, penyebab paling umum dari nyeri tumit.

Kaki terasa dingin

Kondisi ini kemungkinan terjadi karena masalah peredaran darah ke kaki yang tidak lancar. Jika jari-jari kaki Anda selalu dingin, sebaiknya waspada. Peredaran darah yang buruk kadang-kadang terkait dengan kebiasaan merokok, tekanan darah tinggi, atau penyakit jantung. Kerusakan saraf yang tidak terkontrol ju ga bisa membuat kaki terasa dingin. Penyebab lainnya mungkin hipotiroidisme dan anemia.

Kaki terasa terbakar

Jika Anda mengalami kaki serasa dibakar, kemungkinan yang terjadi adalah kurangnya asupan vitamin B. Juga menandakan bahwa ada gejala penyakit ginjal kronis, sirkulasi darah yang buruk di kaki (penyakit arteri perifer), atau hipotiroidisme.

Kaki berwarna tidak wajar

Kondisi unik ini dinamakan penyakit Raynaud dimana gejalanya seperti jari-jari kaki memutih, kemudian berubah kebiruan, dan kemudian memerahkan lagi dan kembali ke warna alami mereka. Penyebabnya adalah penyempitan arteri yang tiba-tiba, yang disebut vasospasms. Stres atau perubahan suhu dapat memicu vasospasms biasanya tidak menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Raynaud mungkin juga terkait dengan rheumatoid arthritis, penyakit Sjoegren, atau masalah tiroid.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)