Kenali Berbagai Aroma untuk Kesehatan

6 Maret 2013 Artikel Kesehatan


Hidung kita diciptakan untuk mencium aroma disekitar kita. Sekarang banyak sekali ragam aroma-aroma yang ada di sekitar kita. Ada aroma yang positif dan negatif. Aroma yang negatif biasanya membuat pernafasan kita sesak seperti aroma knalpot kendaran bermotor, sampah , bahan kimia dan masih banyak lagi aroma yang dapat membuat hidup kita tidak sehat.

Namun ternyata ada beberapa jenis aroma yang bisa memberikan dampak positif pada kesehatan. Sebab, ragam aroma ini mampu membuat perasaan dan kondisi tubuh menjadi lebih baik, segar, dan berenergi. Wangi kopi misalnya, tanpa disadari aromanya tersebut ternyata bisa mengembalikan semangat dalam melakukan rutinitas.

Selain kopi, ada macam-macam aroma dari makanan, minuman atau tumbuhan yang tidak kalah hebatnya dengan aroma kopi seperti berikut:

1. Minyak Kayu Putih
Apakah Anda mengalami masalah hidung tersumbat dan telinga mendengung karena kedinginan? Ada solusi yang sangat sederhana. Anda cukup tambahkan dua tetes minyak kayu putih ke sapu tangan. Lalu hirup aromanya secara berkala untuk mengatasi masalah tersebut.

2. Lavender
Aroma lavender mampu menghilangkan stres dan menenangkan saraf. Jika Anda sedang merasa gelisah setelah menghadapi hari yang menegangkan dan penuh dengan tekanan, sebaiknya hiruplah wewangian lavender agar hati dan pikiran Anda menjadi lebih tenang.

3. Mint
Mint atau Mentha adalah herbal abadi kerabat labiate genus Mentha, ada banyak jenis spesies dari tumbuhan mint yang ada, dan yang paling umum adalah peppermint. Herbal ini, terutama bagian daun-nya sangat banyak digunakan sebagai bahan makan atau penghias hidangan. Dan yang paling banyak pemanfaatannya adalah dari kandungan minyaknya, sebagai bahan dasar atau campuran obat. Aroma mint melambangkan kesegaran dan dikenal dapat memberikan efek untuk menjernihkan pikiran Anda. Wangi mint ini juga bisa membuat konsentrasi meningkat.

4. Melati
Melati dapat mengatasi gangguan tidur dan sesak nafas. Jika Anda sulit tidur, hiruplah aroma melati yang harum ini. Dengan begitu Anda akan merasa tenang dan bisa tidur dengan nyenyak. Jika mengalami sesak nafas, rebuslah 20 lembar daun melati dan beri garam secukupnya dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas dan disaring, ditempel di seputar buah dada, setiap pagi sebelum mandi.

5. Citrus (Jeruk atau Limau)
Wewangian citrus, seperti jeruk atau limau bisa membuat Anda menjadi lebih waspada. Tak hanya itu saja, aroma ini juga mampu membuat kondisi tubuh menjadi lebih baik karena dapat melawan rasa mual dan juga dapat membangkitkan semangat ketika anda sedang malas beraktivitas.

6. Bunga Kuma (Saffron)
Bagi wanita yang sering merasa stres saat datang bulan. Dengan menghirup aroma bunga kuma dipercaya bisa meredakan rasa stres pada wanita yang sedang datang bulan.

7. Cokelat
Aroma cokelat membantu mengurangi rasa sakit dan kecemasan. Jadi, jika otot Anda kram akibat stres, maka cobalah untuk menghirup bau cokelat. Kebanyakan wanita jarang kena kram karena sebagian besar wanita suka cokelat.

8. Mawar
Apakah Anda sering mengalami mimpi buruk akhir-akhir ini? Atasi permasalahan tersebut dengan menghirup aroma bunga mawar saat sebelum tidur. Dijamin Anda akan mendapatkan mimpi yang indah.

9. Kopi
Apakah Anda juga menyadari bahwa aroma kopi lebih memikat ketimbang dengan rasanya? Aroma kopi merupakan stimulan untuk memberi energi lebih banyak untuk tubuh Anda dan dapat mengatasi rasa lelah.

10. Kayu cendana
Konsentrasi Anda menurun? Jika demikian hirup saja aroma cendana. Wanginya tersebut dipercaya bisa menjernihkan pikiran dan membuat konsentrasi meningkat.

(Dikutip dari berbagai sumber)