Kenali Beberapa Tanda Depresi yang Tak Anda Sadari

25 November 2018 Artikel Kesehatan


Biasanya, kebanyakan orang pernah mengalami yang namanya depresi. Penyebab depresi ini biasanya bermacam-macam. Mulai dari pekerjaan kantor, bosan, putus cinta hingga masalah keluarga. Ketika mengalami depresi kita akan merasa sedih berkepanjangan, putus harapan, tidak punya motivasi untuk beraktivitas, kehilangan ketertarikan pada hal-hal yang dulunya menghibur, dan menyalahkan diri sendiri.

Semakin Anda dewasa, biasanya gejala depresi sulit dikenali hingga akhirnya Anda tidak menyadari hal tersebut. Kenali tanda-tanda Anda sedang depresi mulai dari sekarang, apa saja gejalanya? Simak beberapa tanda berikut:

Daya Tahan Tubuh Yang Menurun

Kondisi tubuh yang seringkali mengalami kecemasan dan tidak tenang terkadang bisa menjadi salah satu penyebab penyakit.Hal ini menandakan bahwa daya tahan tubuh Anda lemah dan Anda jadi mudah sakit. Imunitas menurun juga disebabkan karena Anda kebanyakan pikiran yang biasanya menyerang pencernaan dan tensi darah.

Susah Tidur

Depresi juga bisa ditandakan dengan sulitnya Anda untuk tertidur. Biasanya depresi akan membuat Anda memikirkan banyak hal sehingga Anda sulit untuk tertidur. Bila ini terjadi, artinya masalah tersebut serius dan Anda perlu mengatasinya. Konsultasi dan terapi bisa jadi hal yang Anda butuhkan untuk bisa tidur normal kembali.

Merasa Ingin Sendiri

Meski berada di keramaian, Anda kerap ingin selalu merasa sendiri. Bermain bersama teman pun serasa tidak menyenangkan dan malah ingin diam dan menyendiri.Bisa jadi Anda secara tak sadar mulai menarik diri dari interaksi sosial karena mulai sering lelah secara mental dan fisik. Anda juga mulai takut dengan dunia luar karena ada problem lain yang menghantui pikiran Anda.

Kurang Motivasi

Tanda yang satu ini memang benar adanya, hilangnya motivasi dan tidak ingin melakukan apa-apa menjadi salah satu indikator bahwa Anda mengalami depresi. Dimana biasanya hal yang menyenangkan kini mulai nampak bosan dan sering mengeluh. Hal ini tentu menghambat produktivitas Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)