Kenali 5 Penyebab Timbul Komedo!

8 Desember 2014 Artikel Kesehatan


Komedo merupakan salah satu penggangu penampilan wajah kita. Kotoran penyumbat pori - pori ini berbentuk kecil, berwarna hitam atau putih. Timbulnya komedo membuat wajah terlihat kotor dan kusam. Biasanya komedo timbul di area dahi, hidung, dagu, juga di bawah mata dan pipi.

Sudah coba bersihkan komedo tapi komedo masih saja muncul? Mungkin karena ada beberapa kebiasaan yang salah bagi kulit. Hati - hati, jangan menghilangkan komedo dengan cara memencetnya. Hal tersebut malah merangsang komedo menjadi jerawat bernanah.

Lantas, apa penyebab komedo masih suka timbul? Ini dia penyebabnya:

1. Makanan

Perhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi. Makanan manis, berminyak, dan pedas bisa menjadi pemicu timbulnya komedo. Untuk itu, kurangi konsumsi makanan jenis tersebut atau imbangi dengan makanan yang segar, seperti buah - buahan, sehingga tidak mudah menimbulkan komedo.

2. Make up berlebih

Beberapa jenis make up bisa menimbulakn komedo bila digunakan secara berlebih. Jenis make up seperti produk BB Cream, pelembab, dan bedak padat dapat menyumbat pori - pori kulit Anda.

3. Keringat

Keringat pada wajah yang diberi make up dapat menimbulkan sumbatan kotoran di kulit. Hal tersebut juga dapat menimbulkan jerawat kecil pada wajah.

4. Gaya hidup

Gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, mengkonsumsi alcohol dan kafein berlebih, serta penggunaan make up saat tidur menjadi penyebab umum timbulnya komedo. Banyak minum air putih, minimal 8 gelas untuk menyegarkan tubuh dan kulit Anda.

5. Faktor lingkungan

Faktor lingkungan seperti polusi udara dari kendaraan, cuaca, atau ruangan juga dapat menjadi penyebab komedo. Sebaiknya, gunakan masker saat ingin berpergian ke daerah yang banyak asap kendaraan, usahakan ganti masker setiap Anda memakainya. Gunakan tisu basah untuk menyejukkan kulit dan mengangkat minyak dan kotoran pada wajah.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)