Kenal Lebih Dekat dengan Yangmei, Si Merah Merona

26 Februari 2014 Artikel Kesehatan


Buah yangmei terdapat di Cina Daratan, atau dikenal dengan nama strawberry Cina. Buah tersebut hanya ada jika memang ada pada saat musim-nya, mirip seperti di Indonesia, misalnya musim buah mangga, rambutan dsb. Cita rasa buah ini mirip seperti buah strawberry tetapi buah yangmei cenderung lebih manis ketimbang buah strawberry.

Buah ini memiliki nama latin Myrica Rubra. Bentuk buah ini bulat dan memiliki warna merah merona, tetapi jika buah ini sudah matang maka warnanya akan berubah semakin gelap. Yangmei memiliki biji di tengahnya. Besarnya bisa sebesar bola golf. Buah ini memiliki rasa manis, asam, dan mengandung banyak air. Rasa Buah Yangmei sama seperti Strawberry, Raspberry, dan Delima.

Yangmei juga punya julukan lain; red bayberry, waxberry dan yumberry. Yangmei dibaca "yun-mee" kalau diucapkan terdengar seperti "yummy'. Selain dimakan mentah, yangmei juga dibuat jus, sebagai pewarna makanan alami, eskrim hingga difermentasi menjadi minuman beralkohol.

Buah yang bentuknya seukuran bola golf ini sudah dibudidayakan selama ribuan tahun. Karena buah yang bentuk dan warnanya cantik ini mengandung banyak nutrisi penting untuk tubuh. Yangmei kaya akan vitamin, antioksidan (proanthocyanidins), mineral, termasuk vitamin C, riboflavin dan betakaroten.

Buah ini juga mengandung OPC (Oligomeric Proantho Cyanidins), yang dipercaya sangat baik untuk sistem metabolisme tubuh 20 kali lebih banyak dari vitamin C dan 50 kali lebih banyak dari vitamin E. OPC yang terkandung dalam yangmei dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol, serta sangat baik untuk kulit dan melancarkan sistem pencernaan.

Buah yang tumbuh di musim panas ini dianggap sering mengotori lingkungan karena buahnya yang mudah berjatuhan. Pohonnya sering ditanam pada tanah yang kualitasnya kurang baik, karena pohon yangmei dapat merestorasi nitrogen dalam tanah. Jadi selain menghasilkan buah yang baik untuk dikonsumsi, pohon yangmei juga membantu kesuburan tanah.

Di luar Cina, yangmei biasanya dijual dalam bentuk buah kering atau jus dalam kemasan botol. Karena kandungan nutrisinya yangmei sering dicampur dengan beragam buah berry lain sehingga khasiatnya makin hebat.

Semoga bermanfaat!

Oleh Ariyanti S
(Dikutip dari berbagai sumber)