Keliling Dunia Berburu Obat Herbal

12 Februari 2010 Artikel Kesehatan


Dari pegunungan China hingga Pasifik Selatan, alam penuh dengan obat alami yang bisa menyembuhkan gangguan kesehatan Anda sehari-hari. Berikut beberapa obat alami yang telah ditemukan oleh Chris Kilham dari University of Massachusetts di Amherst. Pendiri Medicine Hunter Inc. ini dikenal sebagai pemburu obat yang telah berkeliling dunia untuk mencari herbal dan tanaman obat.

Rhodiola Rosea

Di bagian utara Asia , tepatnya di barat laut Mengolia, Anda bisa menemukan Rhodiola Rosea dalam keadaan mekar. Chris Kilham, yang juga dikenal dengan pemburu obat, telah melakukan perjalanan ke China untuk menyaksikan proses panen herbal satu ini. Pada dasarnya, akar dari tanaman ini yang dijadikan obat.

"Ini merupakan salah satu tanaman favorit saya karena kaya manfaat," tutur Kilham, seperti dikutip situs foxnews.com."Manfaatnya termasuk meningkatkan daya tahan, stamina, memperbaiki kesehatan mental, menguatkan kemampuan untuk fokus, membantu tidur nyenyak, meningkatkan fungsi seksual serta sistem kekebalan tubuh."

Menurut Kilham, rhodiola rosea telah diteliti secara luas. Tidak perlu jauh-jauh datang ke China, herbal ini telah tersedia dalam bentuk kapsul di toko obat atau apotek.

Goji berry

Dalam perjalanannya ke China , Kilham juga memeriksa goji berry, yang telah digunakan selama ribuan tahun oleh pakar herbal di China, Tibet dan India .

Goji berry yang kaya antioksidan berfungsi untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi hati, meningkatkan fungsi seksual, peredaran darah dan memperpanjang angka harapan hidup. Dalam sistem pengobatan tradisonal China, berries dikonsumsi mentah, diseduh dengan teh atau diekstrak dalam bentuk cairan. Anda juga bisa menemukan jus goji berries di Jakarta.

Velerian

Susah tidur? Akar valerian bisa menjadi jawaban atas masalah Anda."Akar valerian benar-benar bisa membuat Anda rileks," terang Kilham."Anda bisa membuat teh dengan menggunakan campuran akar valerian yang telah dihaluskan dengan madu. Teh ini benar-benar merilekskan dan bekerja dengan sangat cepat." Sisi buruknya, terang Kilham, herbal ini mempunyai bau yang kurang sedap.

Passion Flower

Semua orang pasti pernah merasa sedikit cemas. Tapi menurut Kilham, obat alami ini bisa menenangkan saraf Anda."Passion flower sangat efektif membatu orang yang sedang cemas dan menderita insomnia. Herbal satu ini tersedia dalam bentuk teh, ekstrak cair dan suplemen herbal.

Jelatang (nettle)

Menurut Kilham, tanaman ini sangat bagus untuk prostat."Penderita pembesaran prostat bisa mendapatkan manfaat tanaman ini," terang Kilham. Jelatang kaya silica yang juga penting untuk kulit, rambut dan kuku."Jika minum teh jelatang secara teratur, Anda akan mempunyai kuku yang bagus."

Kava

Tanaman yang masih satu keluarga dengan tanaman lada hitam ini berasal dari Pasifik Selatan. Menurut Kilham, tenaman ini digunakan untuk membuat minuman yang bisa merilekskan Anda."Anda bisa membuat teh dari kava atau menggunakannya untuk merendam kaki," terang Kilham.

Kayu manis

Studi-studi, terang Kim, menunjukkan bahwa kayu manis mengandung komponen yang mirip dengan insulin, sehingga bisa membantu mengatur dan menyeimbangkan kadar gula darah."Mengonsumsi kayu manis dalam diet secara teratur merupakan cara yang baik untuk mengontrol gula darah," terang Kilham.

Chaste berry

Sering menderita premenstrual syndrome (PMS)? Menurut Kilham, chaste berry telah terbukti efektif meredakan gejala-gejala PMS. Sebuah studi yang dipublikasikan di British Medical Journal, lanjut Kilham, menemukan bahwa 52 persen partisipan menunjukkan respon positif. (IK/OL-08)

sumber: mediaindonesia.com/mediahidupsehat