Keju Berbahaya bagi Kandung Kemih

14 Februari 2011 Artikel Kesehatan


Peringatan bagi penggemar keju, sebaiknya Anda mulai mengurangi jumlah asupan keju Anda. Karena, penelitian terbaru menunjukkan bahwa makan keju setiap hari menimbulkan risiko terkena kanker kandung kemih.

Memakan lebih dari 53 gram keju meningkatkan risiko terkena penyakit itu sebesar 50 persen. Di sisi lain, mengonsumsi minyak zaitun bisa mengurangi risiko itu hingga separuhnya. Kesimpulan itu didapat setelah diadakan penelitan yang memantau sekitar 200 pasien kanker knadung kemih dan membandingkannya dengan 286 partisipan sehat.

Hasilnya menunjukkan bahwa memakan keju sebenarnya tidak berpengaruh negatif, asalkan jumlahnya tak melebihi 53 g per hari. Bila melebihi itu, risiko terkena kanker kandung kemih akan meningkat 50 persen.

Di sisi lain, para peneliti asal Belanda dan Belgia menekankan bahwa jumlah partisipan mungkin terlalu sedikit untuk menyimpulkan bahwa keju bisa mengancam kesehatan. Mereka pun menyarankan agar ada penyelidikan lebih lanjut untuk memverifikasi temuan tersebut, seperi dikutip dari Daily Mail Jumat (11/2). Adapun makanan lain seperti ikan, ayam, telur, dan margarin, tampaknya hanya memiliki sedikit efek. Hasil studi ini juga telah dipublikasikan dalam European Journal of Cancer.

Sumber: mediaindonesia.com