Kebiasaan Sederhana Pencegah Kanker Kulit

8 Februari 2011 Artikel Kesehatan


Sadarkah Anda, membiasakan hidup sehat semenjak dini akan mempunyai dampak yang sangat berarti pada tahun-tahun kehidupan kita selanjutnya. Dengan terbiasa hidup sehat, niscaya kita pun tidak akan mudah terkena penyakit.

Sehubungan dengan itu, pada tahun ini, Hari Kanker Sedunia diperingati Yayasan Kanker Indonesia (YKI) dengan mengampanyekan hidup sehat yang dapat berarti bebas kanker di masa mendatang, khususnya kanker kulit.

Terlebih kanker kulit merupakan kanker yang mudah dilihat karena terletak di permukaan tubuh manusia, tapi seringkali diabaikan sehingga terlambat diketahui. Salah satu penyebab kanker kulit adalah paparan sinar ultraviolet atau sinar matahari yang terus menerus. Bisa juga disebabkan sinar radiasi, bahan kimia tertentu (seperti arsen, hidrokarbon), virus, dan luka lama yang tidak sembuh-sembuh.

YKI pun memberikan beberapa tips bagi Anda untuk melakukan upaya pencegahan kanker kulit, antara lain dengan:

1. Jangan terlalu lama atau terlalu sering terkena sinar matahari terutama antara pikul 10.00 15.00 WIB.

2. Menggunakan pelindung dari sinar matahari seperti topi dengan tepi lebar, payung, pakaian pelindung, kacamata, menutup kulit denga tabir surya (sunscreen).

3. Segera periksa ke dokter bila dijumpai ada luka yang lama tidak pernah sembuh, tahi lalat yang bertambah besar, meradang, gatal atau nyeri, warna bertambah hitam atau bervariasi coklat atau merah muda atau timbul tahi lalat baru di sebelahnya.

Sumber: mediaindonesia.com