Kebiasaan Sederhana Ini, Awal Hidup Sehat

6 Januari 2018 Artikel Kesehatan


Banyak orang mengira melakukan kebiasaan sehat itu merepotkan dan butuh waktu lama. Padahal, ada banyak kebiasaan sehat yang bisa dilakukan hanya dalam waktu satu menit saja.Pepatah bilang, 'sehat itu mahal'. Ya, sehat adalah anugerah tak ternilai yang harus selalu kita syukuri. Ketika tubuh sakit semuanya terasa tidak mengenakan. Bahkan hal-hal yang enak pun akan terasa tak enak. Coba bayangkan berapa rupiah yang harus kita keluarkan ketika kita sakit. Dan saat sehat itulah berarti Tuhan memberikan kita anugerah nikmat yang tak ternilai harganya.

Untuk mengawali hidup sehat ada beberapa hal yang harus diperhatikan mulai dari gaya hidup dan pola makan yang dikonsumsi. Berikut kebiasaan sederhana yang bisa dilakukan;

1. Bangun pagi lebih awal
Bangun tidur lebih awal dari orang kebanyakan merupakan kebiasaan sehat yang sebaiknya anda terapkan. Dengan bangun tidur lebih awal, anda bisa memiliki banyak waktu untuk berolahraga atau sarapan tanpa harus tergesa-gesa. Jika anda bangun tidur 15 menit sebelum memulai aktivitas seperti kerja, kuliah ataupun sekolah, maka anda telah kehilangan banyak manfaat positif yang seharusnya bisa anda peroleh.

2. Minum air putih
Orang dewasa rata-rata tidur selama 6 hingga 8 jam per malam. Selama kurun waktu tersebut, tubuh tidak mendapatkan asupan cairan. Minum air putih harus menjadi salah satu prioritas utama yang sebaiknya anda lakukan di pagi hari setelah bangun tidur. Minum air putih bermanfaat untuk membuang racun dalam tubuh.

3. Rajin mencuci tangan
Mencuci tangan adalah awal kebiasaan sehat. Biasakanlah setiap hari setelah atau sebelum makan, setelah berkontak langsung dengan debu, menyentuh lumpur atau sampah dan sebagainya. Cuci tanganlah dengan baik dan benar yaitu mencuci tangan selama 20 detik memakai sabun anti-bakteri. Pastikan tangan dan jari-jari dibersihkan dengan benar, terutama pada sela-sela jari dan kuku. Kuman biasa bersarang pada area ini.

4. Olahraga
Manfaatkan waktu di pagi hari untuk jogging, bersepeda atau olahraga ringan lainnya. Berolahraga di pagi hari akan menjaga tubuh anda tetap bugar dan membantu meningkatkan konsentrasi saat bekerja.

5. Mandi
Mandi di pagi hari sesaat setelah bangun tidur dinilai sangat efektif untuk mengusir rasa kantuk dan membuat tubuh menjadi segar. Hal ini akan lebih baik lagi jika anda mandi dengan air dingin, karena beberapa penelitian menunjukkan bahwa mandi dengan air dingin dapat membangunkan syaraf-syaraf di tubuh dan memperlancar aliran darah.

6. Sarapan pagi
Sarapan pagi akan membuat tubuh menjadi lebih berenergi dan membantu meningkatkan memori otak anda. Sarapan pagi sangat diperlukan untuk menunjang aktivitas anda sepanjang hari. Oleh sebab itu jangan pernah sekali-kali melewatkan sarapan pagi. Namun demikian, anda tetap dianjurkan untuk memilih makanan-makanan yang sehat seperti makanan kaya serat dan karbohidrat kompleks.

Gaya hidup sehat merupakan faktor penting untuk meningkatkan kesejahteraan hidup.Hidup dengan cara yang sehat dapat mencegah masalah kesehatan yang akan menyerang tubuh kita.Jadi yang harus dilakukan adalah Mencegah lebih baik daripada mengobati.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)