Kebiasaan Kaum Urban Picu Umur Pendek

30 Agustus 2012 Artikel Kesehatan


Kebiasaan hidup antara orang kota dan desa memang berbeda karena harapan hidup kaum pedesaan lebih tinggi dibandingkan dengan orang kota. Mengapa begitu? Karena orang desa jarang depresi atau stress karena memiliki kesibukan namun bekerja dengan pikiran yang tenang. Berbeda dengan orang kota yang seringkali stress terhadap pekerjaan, sering menghirup asap kendaraan, merokok dan lainnya yang dapat merugikan dirinya sendiri serta cara makan yang serba instan membuat tubuh menjadi mudah sakit. Jelas ini menurunkan kualitas hidup bagi orang kota dan tak heran kebanyakan pensiunan dari orang kota beralih ke desa karena ingin tetap bertahan hidup namun ini pun tak lepas dari cara hidup orang kota.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan orang kota mempunyai kualitas hidup yang tidak baik:

1. Sering Stress

Mulai dari kita berangkat terkena macet, polusi kendaraan lalu sampai di tempat kerja / tempat studi belum lagi mendapat tugas yang banyak serta masalah pribadi yang belum terselesaikan akan membuat orang rentan terhadap stress. Jika stress diabaikan maka akan munculah depresi yang dapat mengabaikan kondisi tubuh serta berpengaruh pada kesehatan.

2. Bergadang

Kebanyakan warga kota bekerja pada siang hari namun pada malam hari mereka bukannya istirahat tetapi mencari tempat untuk menhibur diri seperti kafe,diskotik dan kelab malam sampai larut dan bahkan ada yang sampai lembur (kerja lewat dari jam yang ditentukan). Begadang jika sesekali mungkin tidak berpengaruh pada kesehatan namun jika seseringkali maka akan berbahaya karena saat kita tidur, tubuh meregenerasi sel-sel yang rusak namun karena jam tidur kita kurang, maka tubuh kita saat meregenerasi sel-sel tubuh berkurang sehingga dapat menyebabkan penyakit serius seperti resiko serangan jantung, stroke hingga kanker.

3. Konsumsi makanan cepat saji

Sebagian besat penyakit yang diderita oleh warga kota adalah cara dan pola makan mereka. Disaat modern ini kebanyakan orang mulai berpikir serba cepat dan instan. Nah.. karena instan mereka lebih memilih makanan yang cepat saji atau disebut junk food. Padahal makanan cepat saji ini hanya sebagian besar gula, garam dan kolesterol yang dapat menghampat peredaran pembuluh darah yang dapat memicu penyakit stroke, diabetes, hipertensi dan penyakit jantung.

4. Suka ugal-ugalan saat berkendara

Di kota besar pasti jika bekerja mempunyai jaminan hidup seperti asuransi kecelakaan, banyaknya pekerjaan dan uang sehingga untuk menunjang mobilitasnya, orang membeli kendaraan seperti mobil. Akibatnya karena memiliki asuransi kecelakaan, orang merasa dirinya di lindungi oleh asuransi tersebut sehingga suka ngebut dan ugal-ugalan . maka tidaklah perlu kaget karena jumlah kematian dan kerugian lalu lintas disebabkan oleh kelalaian manusia / human error.

5. Jarang berolahraga

Di zaman modern ini, orang sudah semakin dimanjakan dengan fasilitas infrastuktur dan teknologi yang canggih sehingga menyebabkan orang malas bergerak dan berolahraga apalagi pada keseharianya bekerja duduk di depan komputer. Padahal dengan berolahraga, kita dapat terhindari dari berbagai penyakit kronis seperti kanker, diabetes, jantung dan stoke serta meningkatkan stamina dan keseimbangan fisik.

6. Mencari tempat hiburan

Terkadang mencari hal yang dapat menghibur diri adalah hal yang terbaik untuk menghilangkan stress selama seharian bekerja. Namun di kota besar banyak menawarka hiburan yang tak sehat seperti di diskotik dan kelab malam. Hal ini tentu saja akan menguras banyak keuangan anda. Lalu penyakit menular seks tak bisa dihindari lagi apalagi narkotika yang merusak tubuh.

Sumber: Dikutip dari berbagai sumber