Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Memicu Nyeri Punggung!

8 November 2019 Artikel Kesehatan


Nyeri punggung menjadi keluhan bagi sebagian besar penduduk dunia. Meskipun tidak terlihat berbahaya, bukan berarti menggangap remeh penyakit ini karena bisa menjadi gejala awal tubuh terserang penyakit. Salah satu pemicu nyeri punggung umumnya oleh posisi duduk. Tapi ternyata, beberapa kegiatan harian bisa memicu timbulnya penyakit ini.

Manuela Ferreira dari The George Institute for Global Health di University of Sydney bersama rekannya melakukan studi yang melibatkan 1.000 orang untuk meneliti pemicu nyeri punggung yang kerap tidak disadari oleh orang.

Peserta ditanyai apakah mereka mengalami salah satu dari 12 kemungkinan pemicu nyeri punggung dua jam sebelum nyeri punggung muncul.

"Nyeri punggung merupakan masalah kesehatan yang umum dialami masyarakat. Dari studi kami, orang paling mungkin merasakan nyeri punggung tiba-tiba di pagi hari. Hal ini bisa terjadi ketika tidur posisi tubuh mereka tidak tepat," jelas Ferreira.

Saat bangun tidur, tanpa disadari posisi lempengan tulang belakang terganggu hingga timbul rasa nyeri. Nyeri punggung yang muncul juga bisa terjadi karena kegiatan harian yang melibatkan posisi tidak pas. Misalnya, mengangkat beban terlalu berat atau melakukan gerakan yang tidak semestinya.

"Aktivitas dengan posisi yang tidak sesuai meningkatkan risiko nyeri punggung sampai 8 kali. Sementara, risiko nyeri 5-6 kali jika dalam aktivitas tersebut posisi tubuh sudah pas tetapi melibatkan benda-benda tertentu, pergerakan tubuh, dan interaksi dengan orang lain," lanjutnya.

Selain itu, terganggu saat melakukan tugas juga dapat meningkatkan risiko nyeri punggung bagian bawah sebesar 25%. Maka dari itu, Ferreira sangat mengimbau masyarakat untuk lebih memperhatikan lagi kondisi punggung mereka.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)