Kebiasaan Ini Bisa Menyebabkan Kanker, Hati-Hati!

4 Agustus 2014 Artikel Kesehatan


Kanker adalah penyakit diakibatkan oleh tidak normalnya pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh, sehingga dapat tumbuh tidak terkendali dan menyebar ke bagian lainnya. Penyebab dari kanker berasal dari faktor keturunan dan lingkungan. Kanker dapat menimpa semua orang dari anak-anak sampai orang dewasa. Umumnya sebelum kanker meluas dan merusak jaringan lain penderita tidak menunjukkan gejala maupun keluhan dan jika tidak segera ditangani dan dirawat dapat menimbulkan kematian. Sebenarnya penyakit kanker dapat dicegah dan disembuhkan, pola hidup yang sehat dapat membantu menghindari penyakit kanker.

Penyakit ini biasanya muncul karena beberapa faktor, salah satunya gaya hidup yang tidak teratur dan asupan makanan yang tidak sehat. Namun, banyak orang lebih memilih makanan enak dibandingkan makanan yang memiliki nilai gizi yang tinggi, padahal makanan enak itu belum tentu sehat untuk tubuh dan bahkan bisa menyebabkan kanker.

Berikut kebiasaan yang bisa menyebabkan kanker:

1. Duduk terlalu lama

Sebuah studi yang dilakukan oleh American Institute for Cancer Research telah menunjukkan bahwa orang yang duduk terlalu lama kesempatan mengalami peradangan di dalam organ internal di perut bagian bawah akan semakin besar dan bisa terkena kanker. Lagipula, duduk terlalu lama bisa mengurangi aktivitas fisik yang bisa menyebabkan kanker endometrium dan kanker usus besar.

2. Bekerja hingga larut malam
Sebuah fakta mengatakan bahwa bekerja larut malam bisa meningkatkan resiko kanker payudara bagi wanita. Pada sebuah studi dengan peserta 2000 wanita, ditemukan bahwa wanita yang bekerja larut malam selama lebih dari 2 bulan bisa terkena penyakit tersebut. Tekanan pada melatonin, gangguan pola hidup dan perubahan gaya hidup adalah penyebab utamanya. Kurangnya vitamin D juga bisa menjadi penyebab lain.

3. Tidur di dekat ponsel
Ini adalah kebiasaan yang sering dilakukan dan bisa menyebabkan kanker. Alasan utama mengapa itu bisa terjadi adalah karena pancaran radiasi. Hal ini meningkatkan resiko kanker payudara dan tumor otak.

4. Pengunaan bedak bubuk
Jika suka memakai bedak bubuk, disarankan untuk tidak menggunakannya terlalu banyak, terutama di bagian kewanitaan. Sebuah studi pada tahun 2010 menunjukkan bahwa penggunaan bedak bubuk di daerah kewanitaan bisa menyebabkan kanker ovarium.

5. Minuman manis
Gula menguatkan sel kanker dan memperbanyak jumlah sel kanker. Teh manis, soda, dan minuman manis adalah kebiasaan lain yang bisa menyebabkan kanker.

Jika Anda telah terlanjur memiliki salah satu dari kebiasaan buruk di atas, Anda harus segera menghentikannya. Namun seperti yang Anda ketahui, untuk menghilangkan sebuah kebiasaan tentu tidak mudah. Semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)