Kebanyakan Nongkrong di Depan TV Bikin Cepat Letoy!

20 Juni 2012 Artikel Kesehatan


Jangan biarkan buah hati Anda terlalu lama di depan layar monitor baik TV, komputer atau yang lain. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise edisi Juni di Amerika menunjukkan bahwa menghabiskan terlalu banyak waktu di depan komputer dan layar elektronik lainnya dapat menyebabkan kinerja hati, tingkat kebugaran paru-paru atau "kardiorespirasi" (sistem kinerja paru, jantung, pembuluh darah dalam menyalurkan oksigen) menurun alias ‘letoy’.

Kebugaran kardiorespirasi terkait dengan kemampuan tubuh untuk mengangkut oksigen ke jaringan dan otot. Penelitian ini melibatkan lebih dari 2.000 anak-anak dari usia 11 sampai 13 tahun. Setiap anak melaporkan lamanya mereka menatap layar TV, komputer, dan lainnya dan menyelesaikan tes untuk menilai tingkat kebugaran mereka.

Anak-anak yang lebih banyak menghabiskan waktu di depan layar menyelesaikan tes kebugaran lebih sedikit. Hal ini berkaitan dengan tingkat kebugaran kardiorespirasi

"Hasil penelitian ini menambah bukti bahwa duduk terlalu banyak berbahaya bagi kesehatan anak-anak" ungkap pemimpin studi, Jonathan Mitchell, yang dirilis dalam American College of Sports Medicine.

Ia melakukan penelitian di Arnold of Public Health, University of South Carolina."Jika anak-anak membatasi jumlah waktu yang dihabiskan duduk di depan layar, hal ini dapat membantu memerangi penurunan tingkat kebugaran kardiorespirasi di masa muda," tambahnya.

Sumber: sehatnews.com